Advertisement

China Patok Tarif Impor 100 Item Barang dari AS

Aprianto Cahyo Nugroho
Selasa, 03 April 2018 - 00:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
China Patok Tarif Impor 100 Item Barang dari AS Ilustrasi perang dagang AS-China - shiwuzq.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Sebanyak 100 jenis barang impor dari AS akan dikenai perlakuan tarif berbeda oleh China mulai Senin (2/4/2018) sebagai tanggpan atas pengumuman AS atas tarif impor baja dan aluminium dari Negeri Panda. Jenis barang yang dikenai tarif impor anyar itu terutama buah-buahan dan produk daging babi tertentu. 

Dilansir Reuters, Komisi Bea Cukai China, dalam pernyataan dalam situs resmi Kementerian Keuangan pada inggu, mengatakan bahwa mereka mengambil keputusan dengan persetujuan Dewan Negara. China sebelumnya menyatakan berencana untuk mencari kompensasi atas perdagangan yang hilang dari penerapan tarif impor logam AS.

Advertisement

Daftar barang-barang yang terkena tarif impor China, yang dikeluarkan pada 23 Maret, termasuk buah-buahan segar dan kering AS, ginseng, kacang-kacangan, anggur, dan daging babi, serta produk-produk baja tertentu, dengan nilai sekitar US$3 miliar.

Jumlah tersebut masih sebagian kecil dari impor dari AS. Sejauh ini, ekspor barang pertanian bervolume tinggi dari AS ke China, seperti kedelai, belum masuk ke dalam daftar tersebut.

Presiden Donald Trump pada Maret mengumumkan tarif impor aluminium dan baja atas dasar keamanan nasional. Kebijakan itu dipandang Beijing melanggar aturan Organisasi Perdagangan Dunia. AS sejak itu mengumumkan beberapa pengecualian untuk negara tertentu, termasuk Kanada dan Australia. China padaMinggu mengatakan bahwa tarif impor logam tersebut sangat merugikan kepentingannya.

Di luar tindakannya terhadap logam, pemerintahan Trump sedang mempersiapkan untuk mengusulkan daftar produk China lainnya yang ditargetkan terkena tarif impor. Trump mengumumkan pada aret bahwa AS akan mengenakan bea atas sekitar US$50 miliar barang-barang dari China untuk menghukum Beijing atas pelanggaran kekayaan intelektual AS.

Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer memiliki waktu hingga 6 April untuk merilis daftar barang impor dari China tersebut. Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross mengatakan pada 28 Maret, pengumuman tentang langkah-langkah  mendatang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Adapun China menyatakan pihaknya memiliki rencana untuk bertindak lebih jauh jika tarif impor atas barang-barangnya terus berlanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement