Setelah Semarang-Lombok, Wings Air Lirik Rute Karimunjawa-Surabaya

Setelah Semarang-Lombok, Wings Air Lirik Rute Karimunjawa-SurabayaPembukaan rute baru Wings Air. Ilustrasi - JIBI/John Oktaveri
12 April 2018 17:25 WIB Rio Sandy Pradana Ekbis Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia

Harianjogja.com, JAKARTA - Wings Air, salah satu perusahaan maskapai milik Lion Air Group, sedang menjajaki kemungkinan untuk membuka rute penerbangan dari dan ke Pulau Karimunjawa.

Direktur Komersial Wings Air Rudy Lumingkewas mengaku sudah mengirimkan tim guna menganalisis peluang untuk membuka rute penerbangan ke salah satu destinasi wisata di wilayah Jawa Tengah tersebut. Kendati demikian, tidak disebutkan tenggat waktu dari analisis tersebut.

"[Pulau Karimunjawa] itu memiliki potensi wisata yang bagus. Sudah ada bandaranya juga, kami akan kaji dulu," kata Rudy, Kamis (12/4/2018).

Dia menambahkan rute penerbangan langsung yang akan dibuka dari Karimunjawa adalah Surabaya. Kota Pahlawan dipilih karena Lion Air Group telah memiliki konektivitas menuju kota lain.

Rudy, yang juga menjabat sebagai CEO Lion Air, menuturkan rute penerbangan Lion Air Group dari dan menuju Surabaya cukup banyak. Rute penerbangan kota-kota besar yang terhubung dengan Surabaya, yakni Jakarta, Yogyakarta, bahkan hingga ke China.

Menurutnya, pembukaan penerbangan ke Karimunjawa menjadikan waktu tempuh wisatawan menjadi lebih singkat dibandingkan dengan transportasi darat atau laut. Waktu penerbangan dari Surabaya diprediksi hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam.

Karimun Jawa memiliki akses udara melalui Bandara Dewadaru dengan dimensi landasan pacu (runway) panjang 1.300 meter dan lebar 30 meter. Bandara tersebut sanggup didarati oleh pesawat jenis ATR 72 yang berkapasitas lebih dari 70 penumpang.

Sebelumnya, Wings Air telah berekspansi menambah rute domestik dengan membuka penerbangan Semarang-Lombok pada 25 Maret 2018. Alasan pembukaan rute karena adanya permintaan tinggi dari pelanggan, terutama segmen wisatawan.

Rute baru ini juga memberikan pilihan terbang lanjutan (connecting flight) menuju beberapa destinasi di Indonesia. Dari Semarang menuju Lombok, para pelanggan bisa meneruskan perjalanan ke beberapa tujuan lainnya seperti Bima, Sumbawa, Makassar, Solo, Surabaya dan Jogja.

Adapun dari Lombok menuju Semarang, pelanggan dapat memiliki alternatif dalam bepergian ke berbagai kota seperti Batam, Pontianak dan Pekanbaru.

Wings Air telah beroperasi di 107 bandara komersial dengan melayani 353 frekuensi penerbangan setiap hari. Operasional Wings Air diperkuat dengan 54 unit pesawat tipe ATR 72-500 dan ATR 72-600.

Wings Air, merupakan perusahaan maskapai kedua yang akan bermain rute penerbangan dari dan ke Pulau Karimunjawa. Hingga saat ini, maskapai yang membuka penerbangan ke Karimunjawa hanya Airfast Indonesia dengan rute Karimunjawa-Surabaya PP. Dalam situs resmi Airfast, penerbangan hanya dilayani sebanyak tiga kali setiap pekannya.

 

Sumber : Bisnis Indonesia

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia