Advertisement

Tri Siapkan US$200 Juta untuk Perkuat Jaringan

Duwi Setiya Ariyanti
Selasa, 17 April 2018 - 02:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tri Siapkan US$200 Juta untuk Perkuat Jaringan Ilustrasi tri. - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Wakil Direktur Utama Hutchison 3 Indonesia Danny Buldansyah mengatakan PT Hutchison 3 Indonesia menganggarkan US$200 juta untuk membangun infrastruktur sepanjang 2018. Spektrum baru direntang frekuensi 2,1 GHz diharapkan mendorong kinerja tahun ini.

Kendati demikian untuk menambah jumlah pelanggan, Danny tak akan mengambil jalan menurunkan rata-rata pendapatan per pelanggan (ARPU) karena meskipun dari sisi trafik data terkerek naik hingga 160%, penambahan jumlah pelanggan tak signifikan.
Karena itu, pada tahun ini pihaknya fokus pada perbaikan kualitas pelayanan melalui jaringan yang lebih kuat.

Advertisement

Danny menyebut perusahaan menganggarkan US$200 juta untuk pembangunan base transceiver station (BTS) 3G dan 4G serta transmisi baru di Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

"Enggak [turunkan ARPU] dong. Sekarang saja udah rugi. Kami kasih service yang bagus aja biar kuotanya makin banyak," katanya kepada Bisnis, beberapa waktu lalu (4/4/2018).

Sebelumnya, Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Giovanni Dustin mengatakan strategi operator seluler untuk beradu tarif murah akan terus berjalan. Langkah penurunan ARPU pun tak hanya dilakukan operator kakap seperti Telkomsel, Indosat dan XL. Giovanni memprediksi bahwa Tri akan ikut berkompetisi menekan ARPU setelah menyelesaikan proses penataan atau refarming pada spektrum yang baru. Seperti diketahui, Hutchison Tri memenangkan lelang untuk spektrum 2,1 GHz pada akhir 2017.

"Apabila spektrum baru sudak bisa dipakai, Hutch akan memiliki kapasitas network tambahan yang berarti mereka bisa menambah jumlah pelanggan. Saya melihat adanya kemungkinan Hutch menurunkan harga untuk compete," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement