Bank Mantap Dorong Pensiunan Lebih Mandiri

Direktur Utama Bank Mantap, Josephus K. Triprakoso saat memberikan sambutan dalam Pelatihan Wirausaha Ternak Ayam Kampung di Desa Gedongan, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, Senin (16/4). - Harian Jogja/Holy Kartika N.S
17 April 2018 14:30 WIB Holy Kartika Nurwigati Ekbis Share :

Harianjogja.com, KLATEN--Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) mendorong para pensiun menjadi lebih mandiri dan produktif dengan program Wirausaha Mantap Sejahtera (WMS). Lebih dari 20 para prapensiun PNS, TNI atau Polri mengikuti Pelatihan Wirausaha Ternak Ayam Kampung di Desa Gedongan, Kecamatan Gantiwarno, Klaten.

"Ini merupakan program pelatihan yang pertama kali digelar di wilayah Jogja. Kami menggandeng Jogja Farm Group, yakni perusahaan penyedia bibit DOC dan daging ayam kampung unggulan terbaik di DIY," ujar Direktur Utama Bank Mantap, Josephus K. Triprakoso, Senin (16/4).

Josephus mengatakan pensiunan di Indonesia terdiri dari beberapa tipe. Sebanyak 49% di antaranya menggantungkan hidup ke orang lain, 29% meninggal saat pensiun, 12% mengalami kebangkrutan, 4% hidup mandiri, 5% tetap bekerja dan 1% kaya.

Melalui program tersebut, Bank Mantap ingin mendorong para pensiunan untuk tetap produktif dan mandiri selama masa tuanya. Guna mempersiapkan itu, program ini mengajak 24 orang prapensiun untuk dibekali keterampilan agar bisa berwirausaha dan menjadi mandiri untuk diri sendiri.

"Program ini sudah kami lakukan juga di kota-kota lain sebelum Jogja. Namun, berbeda-beda jenis usaha yang diberikan," jelas Josephus.