Advertisement

Harper Mangkubumi Tingkatkan Kewaspadaan Bencana Kebakaran

Holy Kartika Nurwigati
Jum'at, 20 April 2018 - 23:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Harper Mangkubumi Tingkatkan Kewaspadaan Bencana Kebakaran Karyawan Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta mengikuti pelatihan pemadam kebakaran. - Ist/Harper Mangkubumi Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Untuk meningkatkan antisipasi terhadap bencana kebakaran, Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kebakaran Indonesia (P2KI) mengadakan pelatihan penanggulangan kebakaran, Rabu (18/4/2018).

General Manager Harper Mangkubumi Wawan Eza Sukmawan mengatakan, pelatihan ini sangat penting untuk diberikan kepada seluruh karyawan. Hal ini dikarenakan pelayanan terhadap tamu hotel juga meliputi perlindungan terhadap keselamatan tamu.

Advertisement

“Maka dari itu, seluruh karyawan properti Archipelago International termasuk Harper Mangkubumi Yogyakarta dituntut untuk memiliki ilmu dan kemampuan dalam pemadaman api. Hal ini ditujukan agar seluruh tamu merasa nyaman dan dapat merasakan Delightful Moment of Heartfelt Service yang merupakan pedoman dan kunci sukses perusahaan," ujar Wawan dalam rilisnya, Jumat (20/4/2018).

Edwar Juliansyah, selaku perwakilan dari P2KI, membuka pelatihan ini dengan materi pencegahan kebakaran dan dilanjutkan dengan materi menyelamatkan diri dan penanggulangan api.

“Terdapat 183 kebakaran di Indonesia pada Febuari 2018 dan 80 persen penyebabnya adalah korsleting listrik, sedangkan 20 persen  sisanya adalah dari kompor, rokok, lilin, anak bermain api, dan lain-lain,” ujar Edwar.

Dalam sesi penanggulangan api, Edwar menjelaskan jenis-jenis alat pemadam api ringan (APAR). Setiap jenis api berdasarkan bahan bakarnya, yakni api pepejal, api cecair, api gas, serta api panel listrik masing-masing memiliki cara pemadaman yang berbeda-beda.

“Api pepejal akan padam bila dipadamkan menggunakan air, api cecair harus dipadamkan dengan serbuk, buih, CO2, halon, api gas dapat dipadamkan dengan serbuk kering, dan halon. Sementara, api panel listrik tepat dipadamkan dengan menggunakan clean agent maupun serbuk," imbuh Edwar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement