Advertisement

Tata Niaga Bisnis Prabayar Bakal Diubah, Margin Isi Ulang Jadi Lebih Tinggi

Duwi Setiya Ariyanti
Senin, 23 April 2018 - 15:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tata Niaga Bisnis Prabayar Bakal Diubah, Margin Isi Ulang Jadi Lebih Tinggi Pengunjung mengantre saat registrasi ulang kartu SIM prabayar di Galeri Indosat Solo, Rabu (28/2/2018). - Solopos/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Direktur & CEO Indosat Ooredoo Joy Wahjudi mengatakan pelaku usaha telekomunikasi berencana mengubah cara distribusi setelah masa registrasi kartu prabayar usai. 

"Yang menciptakan kami [operator], yang mengakhiri kami. Tinggal nanti toko yang jualan barang operator ikutin permainan kami kan," ujarnya di sela-sela makan malam acara media gathering di Bandar Lampung, Kamis (12/4/2018) 

Advertisement

Distributor, katanya, memang memeroleh margin yang lebih besar saat menjual kartu perdana. Namun ketika masa registrasi berakhir, praktik seperti itu tak lagi bisa dijalankan. Operator bakal membuat isi ulang lebih menarik dari sekadar menjual kartu perdana. 

Sayangnya, Joy tak menyebut berapa akhirnya margin yang diperoleh distributor dengan model yang baru. Pastinya, untuk setiap isi ulang pulsa, distributor akan mendapat lebih dibandingkan dengan model yang berlaku saat ini. "Itu kan tinggal kami [operator] yang atur. Hari ini kami ngeset untungnya 5 persen, besok kami naikkan 20 persen," tutur Joy.

Menurutnya, pengaturan ini akan menjaga distributor yang sudah ada. Joy menilai operator masih membutuhkan saluran tradisional karena aksesnya yang lebih mudah dijangkau. Terlebih, di kota tingkat ketiga yang bisa menyentuh hingga ke pelosok. Dia menggambarkan distribusi tradisional mengambil porsi 70%. Sisanya, baru saluran-saluran modern mulai dari jaringan ritel dan toko daring. "Bagi operator kami mesti jagain juga semua channel-channel kami kan. Kalau kasih diskon, kami atur semua," katanya. 

Selain mengatur pola distribusi, pihaknya pun mengusulkan agar registrasi dilakukan konsumen dan perlu pemahaman yang sama terkait batas nomor yang bisa diregistrasi.

Di lapangan, tutur Joy, terdapat distributor yang mendaftarkan nomor prabayar berdasarkan data pribadinya. Joy menyebut lebih baik masalah registrasi diserahkan ke tangan konsumen. Program registrasi ini, diakuinya bakal mereduksi pendapatan di kuartal I/2018 yang diperkirakan hanya tumbuh satu digit. Alasannya, pendapatan bakal tertahan oleh skema penjualan nomor dalam keadaan nonaktif.

"Kalau kami [Indosat] masih bagus, kami kan bingung. Berarti masih jualan dengan yang aktif-aktif itu dong."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement