Advertisement

BI Siapkan Uang Rp7,9 Triliun, Kira-Kira untuk Apa Saja?

I Ketut Sawitra Mustika
Jum'at, 27 April 2018 - 22:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
BI Siapkan Uang Rp7,9 Triliun, Kira-Kira untuk Apa Saja? Ilustrasi Bank Indonesia. - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) DIY menyiapkan uang sebanyak Rp7,9 triliun untuk kebutuhan puasa dan Lebaran. Jumlah ini naik 40% dibanding proyeksi tahun sebelumnya.

Kepala Tim Pengelolaan Uang Rupiah dan Operasional Sistem Pembayaran KPBI DIY Probo Sukesi mengatakan, proyeksi sebanyak Rp7,9 triliun itu merupakan hasil perhitungan dari kebutuhan 40 bank umum yang dilayani KPBI DIY. Kebutuhan tersebut juga sudah menghitung keperluan bank pengkreditan rakyat (BPR) yang ada di bawah bank umum.

Advertisement

Ia mengutarakan, kebutuhan bank umum meningkat sebesar 40% dari proyeksi tahun lalu. Pada 2017 lalu, proyeksi kebutuhan uang untuk puasa dan Lebaran mencapai Rp7 triliun, tetapi realisasinya hanya Rp5,5 triliun.

“Banyak faktor yang membuat kebutuhan bertambah, misalnya bertambahnya jumlah atm, dan kantor cabang, BPR yang melayani penukaran. Bisa juga karena penambahan libur Lebaran, supaya ada persediaan yang cukup di bank, karena cairnya juga cukup lama,” jelas Sukesi di Kompleks Kepatihan, Jumat (27/4/2018).

Menurutnya, KPw BI DIY sudah menyiapkan uang tersebut. Bank-bank umum sudah beberapa kali mengambil uang. Penarikan uang sudah dimulai sejak 10 April 2018 dan akan ditutup 11 Juni 2018.

Sukesi menambahkan, adanya pembatasan atau tidak terkait penarikan uang akan diserahkan pada masing-masing bank. Namun, biasanya bank akan melakukan pembatasan untuk mengurangi jumlah calo. “Kami juga ingin memberantas calo-calo itu.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu 24 April 2024: PPDB Kelas Olahraga hingga Hasil Arsenal vs Chelsea Skor 5-0

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement