Advertisement

Kita Boleh Bangga, Tiongkok Bakal Perbanyak Impor Elektronik dari Indonesia

Newswire
Sabtu, 05 Mei 2018 - 12:17 WIB
Nina Atmasari
Kita Boleh Bangga, Tiongkok Bakal Perbanyak Impor Elektronik dari Indonesia Kapal kargo melakukan bongkar muat di terminal petikemas Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (25/4/2018). - Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, SHANGHAI- Perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat-Tiongkok berdampak pada tanah air. Tiongkok akan memperbanyak impor produk komponen elektronik dari Indonesia untuk mengisi kekosongan impor dari Amerika Serikat.

"Produk komponen elektronik kita sangat kuat di sini. Potensinya cukup besar. Ini yang bisa kita perbanyak ekspornya," kata Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun di Shanghai, Sabtu (5/5/2018).

Advertisement

Dubes Djauhari Oratmangun menyebutkan bahwa nilai impor komponen elektronik Tiongkok dari Indonesia sampai saat ini mencapai US$ 4 miliar.

Nilai itu sama dengan impor biodiesel namun di atas impor perangkat rumah tangga, kayu, dan kayu olahan yang hanya mencapai angka tiga miliar dolar AS.

"Meningkatnya ekspor kita ini bisa menekan defisit perdagangan kita dengan Tiongkok dari 25 miliar dolar AS menjadi hanya lima miliar dolar AS pada tahun lalu," ujarnya sebelum terbang ke Jakarta untuk ikut menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri China Li Keqiang di Indonesia atas undangan Presiden Joko Widodo.

Volume perdagangan Indonesia-Tiongkok, sebut Dubes, saat ini telah mencapai angka US$ 65 miliar dan dia yakin angka tersebut akan terus meningkat.

"Mereka juga baru memberikan kesempatan kepada kita untuk mengekspor buah tropis seperti manggis, nanas, dan durian, selain juga sarang burung walet," kata Djauhari yang baru 13 hari bertugas sebagai Dubes RI berkuasa penuh untuk China merangkap Mongolia berkedudukan di Beijing itu.

Sementara itu PM Li Keqiang akan melakukan kunjungan kenegaraan di Indonesia pada 6-8 Mei 2018.

Dalam kunjungan itu, PM Li dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Minggu (6/5/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement