Hadir di Jogja, Uniqlo Gandeng Seniman Lokal

Hadir di Jogja, Uniqlo Gandeng Seniman Lokal Toko pertama Uniqlo Jogja di Hartono Mall, Kamis (10/5/2018). - Istimewa/Uniqlo
11 Mei 2018 06:17 WIB Rheisnayu Cyntara Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Hadir untuk pertama kalinya di Jogja, brand kondang asal Jepang, Uniqlo menggandeng seniman lokal yakni Eko Nugroho yang merupakan founder sekaligus creative director Daging Tumbuh (DGTMB). Melalui kolaborasi ini, Eko membuat dua desain patchwork DGTMB oleh EKO NUGROHO khusus yaitu IFO dan KAIJU.

Eko mengatakan desain khusus untuk pembukaan toko Uniqlo pertama di Jogja tersebut berdasarkan atas merupakan imajinasinya tentang budaya Jepang. Pasalnya Jepang merupakan inspirasi visualnya sejak duduk di bangku SMP.

Oleh sebab itu, Eko berusaha menerjemahkannya lewat desain patchwork yang kuat akan citra visual dan imaji tokoh-tokoh terkenal Jepang.

"Saya senang setiap membuka toko di suatu negara, Uniqlo selalu berkolaborasi dengan seniman lokal yang ada di sana, sehingga ada desain khusus yang memang jadi ciri khas di negara tersebut. Itu salah satu bentuk dukungan terhadap perkembangan kesenian suatu negara. Selain itu, Uniqlo juga punya teknologi berbeda yang diterapkan pada negara yang berbeda iklimnya," ujarnya saat pembukaan toko pertama Uniqlo Jogja di Hartono Mall, Kamis (10/5/2018).

Sementara itu, Operational Manager PT. Fast Retailing Indonesia, Takashi Arai menuturkan toko ini merupakan yang ke-17 di seluruh Indonesia. Pembukaan toko pertama di Jogja ini menurutnya merupakan komitmen Uniqlo untuk menyediakan pakaian berkualitas, nyaman, dan inovatif.

Pihaknya sangat menghargai sambutan hangat masyarakat atas hadirnya label busana global terdepan di Jepang ini. Menurutnya Jogja merupakan kota yang berwarna dan ia mengaku sangat senang dapat membawa Uniqlo ke kota ini.

"Kami percaya Uniqlo menghadirkan pakaian dengan kualitas tinggi yang inovatif dan sangat cocok dengan iklim serta budaya di Yogyakarta", ucapnya.

Arai mengatakan Uniqlo terus membuka toko berskala besar di beberapa kota dan lokasi penting di dunia, sebagai upaya untuk memperkuat statusnya sebagai sebuah brand global.

Bahkan saat ini Uniqlo memiliki lebih dari 1900 toko di 19 pasar dunia. Uniqlo berharap dapat menjadi label busana yang menyediakan beragam pilihan produk untuk masyarakat sekitar.

Tidak hanya menjadi label yang mengarahkan pelanggan terhadap suatu produk tertentu serta bagaimana mengenakannya. "Uniqlo dengan bangga membawa nilai-nilai Jepang dengan kualitas terbaik, kesederhanaan, dan keawetan," tuturnya.

Toko Uniqlo ini terletak di Upper Ground Hartono Mall dengan luas lebih dari 2000 m2. Toko pertama Uniqlo di Jogja ini dapat diakses dari pintu masuk utama yang bisa dengan mudah ditemukan. Membentang sepanjang lebih dari 30 meter di dekat atrium utama mal.