Advertisement

Hipmi Apresiasi Kebijakan Gubernur BI

John Andhi Oktaveri
Selasa, 12 Juni 2018 - 21:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Hipmi Apresiasi Kebijakan Gubernur BI Ilustrasi rupiah - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bahlil Lahadalia mengapresiasi kebijakan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mampu menstabilkan nilai rupiah setelah beberapa pekan memimpin bank sentral tersebut. 

Dia berharap penguatan itu bisa terus dijaga agar tercipta kestabilan ekonomi. Menurutnya, posisi rupiah terhadap dolar AS yang masih di angka Rp13.800 per US$ sudah lebih baik meski masih diharapkan untuk terus menguat lagi. 

Advertisement

“Saya mengapresiasi kebijakan-kebijakan BI selama tiga pekan ini walaupun hasil bagus itu belum bisa diukur. Tetapi yang penting adalah nilai tukar rupiah terhadap dolar sudah semakin membaik dibanding sebelumnya, ujar Bahlil, Selasa (12/6). 

Dia mengatakan kebijakan menaikkan BI rate akan menarik uang masuk, tetapi akan berdampak kepada proses kenaikan bunga kredit. Para pengusaha berharap BI rate ke depan semakin kecil agar multiplier effect kredit bisa terjadi, katanya. “Untuk sementara kebijakan BI menaikkan suku bunga cukup baik untuk menahan nilai tukar rupiah. Saya pikir langkah itu efektif,” ujarnya. 

Bahlil menilai personal, karakter, dan track record gubernur BI Perry Warjiyo turut memunculkan kepercayaan pasar. Nilai Indeks Harga Saham Gabungan (HSG) di pasar modal juga terlihat semakin membaik dan itu artinya ada respons pasar yang positif terhadap gubernur BI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement