Advertisement

Bingung Beli Suvenir Khas Jogja? Ini Alternatifnya

Holy Kartika Nurwigati
Rabu, 20 Juni 2018 - 07:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Bingung Beli Suvenir Khas Jogja? Ini Alternatifnya Salah satu lapak tas dan kerajinan di Los Kerajinan di Pasar Beringharjo yang dipadati pengunjung selama libur panjang Lebaran ini, Selasa (19/6). - Harian Jogja/Holy Kartika N.S

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pasar Beringharjo merupakan destinasi belanja primadona bagi para pelancong yang mampir untuk berlibur di Jogja. Selain batik, produk kerajinan juga selalu jadi buruan para pengunjung yang ingin mencari buah tangan maupun untuk dijual kembali. 

Los kerajinan yang berada di lantai tiga pasar ini, di sisi paling timur menjual beragam produk kerajinan. Mulai dari gerabah, anyaman, rajut hingga tas dan dompet. Produk tas dan dompet batik, serta kerajinan kulit menjadi produk paling banyak diburu selama liburan ini. 

Advertisement

"Dompet dan tas batik, banyak sekali yang membeli. Sejak buka H+3 kemarin, penjualan mulai ramai," ujar Paula Oktavina, pemilik kios tas dan dompet batik di los ini kepada Harian Jogja, Selasa (19/6/2018). 

Vina, demikian biasa dia disapa, mengatakan penjualan rerata per hari bisa mencapai ratusan buah tas, dompet serta beberapa produk lainnya. Harga setiap tas dompet cukup beragam. Untuk dompet batik berkisar antara Rp10.000 sampai Rp15.000 per buah. 

Sedangkan untuk tas, dihargai mulai dari Rp15.000 sampai Rp30.000 per buah. Diakui Vina, pada libur Lebaran ini pembeli pengecer cukup banyak. 

"Rata-rata per hari untuk semua varian bisa sampai 100 buah yang terjual. Namun memang pembelinya relatif banyak,kalau hari biasa, juga bisa sampai segitu, tetapi kebanyakan pembelinya beli grosiran," kata Vina. 

Tak hanya tas sintetis bermotif batik yang banyak diburu. Penggemar tas berbahan kulit juga tak melewatkan tas kulit yang ada di los kerajinan di lantai ini. Salah satunya milik Farida, toko Adib Craft. 

Tas kulit dengan berbagai desain, bentuk dan ukuran yang ada dilapaknya cukup banyak digemari konsumen dari banyak daerah. Kebanyakan konsumennya rerata adalah ibu-ibu hingga perempuan muda. 

"Sehari kalau ramai bisa lebih dari 20 tas yang terjual. Rata-rata harganya bervariasi, mulai dari Rp100.000 sampai Rp1 jutaan juga ada, tergantung jenis produknya," ujar Farida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Cabai Melimpah, Harga Cabai di Sleman Anjlok Ancam Petani

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement