Advertisement

Blibli.com Dorong Pelaku Usaha Kreatif Kembangkan Bisnis

Holy Kartika Nurwigati
Jum'at, 27 Juli 2018 - 07:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Blibli.com Dorong Pelaku Usaha Kreatif Kembangkan Bisnis Ilustrasi belanja online - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mendorong geliat bisnis kreatif, Blibli.com gelar kompetisi untuk merangkul produk UMKM agar dapat masuk ke pasar e-commerce. Melalui ajang The Big Start Indonesia (TBS) Season 3, platform belanja daring ini menargetkan dapat mendorong usaha-usaha kreatif yang ada di Indonesia. 

"Ajang ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk pelaku usaha kreatif mempromosikan produk mereka. Akan tetapi, mereka juga akan mendapatkan kesempatan untuk belajar tentang bisnis, memasarkan produknya lebih luas di e-commerce dan berbagai manfaat lainnya," ujar Senior Marketing Communications Manager PT Global Digital Niaga Blibli.com, Lani Rahayu dalam Media Gathering TBS Season 3 di Bilik Kayu Heritage Resto, Kamis (26/7). 

Advertisement

Lani mengatakan dalam roadshow TBS Season 3, Jogja menjadi salah satu kota yang dipilih untuk acara ini. Sebagai kota pelajar, kata Lani, Jogja merupakan kota dengan potensi usaha kreatif yang besar. Bahkan, berdasarkan data trafik kunjungan e-commerce ini, pengunjung Blibli dari Jogja selalu masuk lima besar. 

Geliat bisnis kreatif di Jogja juga cukup tinggi. Lani mengungkapkan sejak awal TBS diluncurkan, jumlah partisipan asal Jogja selalu mendominasi. Terlebih sektor UMKM di bagi Jogja merupakan salah satu penggerak perekonomian daerah. "Selama tiga kali penyelenggaraan kompetisi ini, cukup memberikan dampak signifikan terhadap jumlah pelaku UMKM yang bergabung dengan kami untuk memasarkan produknya melalui e-commerce," kata Lani. 

Kendati usaha kreatif UMKM makin menggeliat, produk yang masuk e-commerce masih cukup kecil jumlahnya. Tak dipungkiri jumlah produk impor masih lebih banyak dan kontribusi UMKM di e-commerce ini masih relatif kecil yakni baru sekitar 30% yang masuk pasar e-commerce. 

"Kalau dilihat dari pertumbuhannya memang sangat tinggi. Sejak TBS digelar, selalu ada peningkatan yang signifikan pada produk-produk lokal yang masuk ke Blibli. Selain lewat ajang ini, kami juga bergerilya untuk mencari potensi UMKM yang bisa masuk ke e-commerce ini," katanya. 

Roadshow The Big Start Indonesia Season 3 di kota kedua ini akan diselenggarakan di Lapangan Stadion Mandala Krida pada 27-29 Juli 2018 dengan menggandeng JNE, Bank BCA dan Prasetiya Mulya Business School. Mengusung tema Buktikan Kepada Mereka, kompetisi ini menawarkan hadiah dengan total hingga Rp1,1 miliar untuk para pemenang. 

Senior Brand Strategy Manager Blibli.com Maria Hermina mengatakan pada penyelenggaraan sebelumnya, kompetisi ini dapat menyerap 20.000 peserta. Pada seri ketiga ini ditargetkan dapat merangkul lebih banyak lagi pengusaha muda yang akan dikurasi menjadi 20 finalis pengusaha muda kreatif terbaik Indonesia. "Ada empat kategori usaha dalam kompeisi ini, yaitu kuliner, fesyen, art and craft dan health and beauty. Melalui TBS ini kami berharap bisa menciptakan ruang bagi pengusaha muda kreatif untuk terus mengembangkan usahanya agar berkembang lebih besar," kata Maria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement