Ross Boquet Snack, Kreasikan Buket yang Bisa Dimakan

Ross Boquet Snack, Kreasikan Buket yang Bisa DimakanRosalia Febrianty membawa salah satu contoh buket buatannya - ist/Rosalia Febrianty
08 Agustus 2018 16:35 WIB Maya Arina Pramudita Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Buket tak hanya bunga, bisa beragam benda mulai dari jilbab hingga makanan. Hal itu yang dikreasikan produsen buket berisi jajanan, Ross Boquet Snack.

Bermula dari memberikan kado spesial bagi orang terdekat, Rosalia Febrianty, 23 menggunakan kreativitasnya untuk menghasilkan sebuah buket makanan ringan alias snack. Ia bercerita, idenya dimulai Oktober 2016.

“Awal memulai usaha ini hanya ingin memberikan sebuah kado yang berbeda dari lainnya ke pacar saya pada saat ujian kompre, tadinya saya berpikir dari pada saya memberikan buket bunga yang hanya di buang nantinya kenapa saya tidak membuat buket dari snack saja. Teman-teman juga banyak yang suka dengan hasil buket pertama saya. Ketika sahabat saya ujian pendadaran saya juga berinisiatif membuat hadiah berbeda untuk mereka dengan membuat buket snack,” ujar Rosa kepada Harian Jogja, belum lama ini.

Tak disangka banyak orang tertarik pada buket snack karyanya. Hingga kreativitas yang semula hanya untuk orang terdekat berubah menjadi ladang usaha yang menjanjikan.

“Semakin banyak yang melihat hasil saya dan mereka juga pada tertarik. Nah berawal dari situlah buket snack lahir, dengan bermodalkan beberapa foto buket yang saya buat itu saya pasarkan memalui akun Instagram pribadi saya. Lalu pesanan mulai berdatangan dari teman-teman dekat saya dan  dari situ saya mulai membuat Instagram sendiri [khusus penjualan] untuk serius mengembangkan bisnis ini,” katanya.

Rosa menuturkan sejak saat itu ia kemudian mencoba memasarkan buket snack melalui Instagram pada akun @buketsnackjogja di bulan Maret 2017.

Dibantu oleh tiga karyawan, Rosa membagi tugas berbeda pada karyawannya. Ada satu orang menjadi pembuat rangka atau boks, satu orang membuat buket dan satu orang memiliki tugas finishing yaitu proses perangkaian menjadi sebuah buket.

Bahan Baku Premium

Mengedepankan kualitas bahan baku, Rosa tidak sembarangan memilih balon, kertas, kain, lem yang digunakan. Meski harus pintar-pintar mencari produsen, tak jarang harus mencari banyak referensi dan keluar masuk toko. Baginya, kepuasan konsumen menjadi hal yang penting.

“Agar konsumen puas dengan produk kami maka bahan baku yang digunakan dalam membuat buket ini harus berkualitas premium. Bahan baku membuat buket snack yang paling utama yaitu snack, kertas motif, kain, rangka, lem ada bahan baku tambahan seperti bunga, balon dan lain-lain,” katanya.

Menurut perempuan kelahiran Sawahlunto, Sumatra Barat ini menyebut mendapatkan bahan baku dari dalam dan luar Jogja.

Dengan bahan baku kualitas premium, kini Ross Bouquet Snack telah memiliki berbagai varian produk mulai dari buket snack, buket bunga, buket jilbab, box dan buket satin, buket balon, balon custom, hampers lebaran dan masih banyak lagi. Disisi lain, Rosa sebagai owner mengijinkan konsumen memesan buket secara custom. Sehingga konsumen dapat memilih bahan baku, warna, bantuk dan sebagainya.

“Untuk harga sendiri produk kami ini dari harga 35rb sampai jutaan ada, tergantung request konsumen inginnya seperti apa yang jelas harga kita terjangkau untuk semua kalangan baik pelajar, mahasiswa, bahkan orang tua sekalipun. Ohya saat ini produk best seller kita yaitu hot air ballon yaitu produk kami ini terinspirasi dengan bentuk balon udara yang di kotak/keranjang dan bisa kita beri snack, bunga, bahkan boneka,” ujarnya belum lama ini.