Advertisement

Kabar Buruk, OJK : Rupiah Tak Akan Kembali ke Rp13.500/USD

Newswire
Rabu, 08 Agustus 2018 - 14:50 WIB
Bhekti Suryani
Kabar Buruk, OJK : Rupiah Tak Akan Kembali ke Rp13.500/USD Ilustrasi rupiah - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Nilai mata uang rupiah terus terpuruk dan sempat menembus Rp14.500 per USD. Nilai rupiah diprediksi tak akan kembali ke level Rp13.500 pe USD.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai kurs tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) tak bisa kembali ke level Rp13.500 per USD. Saat ini Rupiah sendiri sempat menyentuh level Rp14.500 per USD.

Advertisement

Melansir Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) pada hari ini, Selasa (7/8/2018) kurs Rupiah kini berada di level Rp14.485 per USD.

"Apakah Rupiah akan kembali ke Rp13.500 per USD? Saya rasa enggak. Enggak akan Rupiah ke Rp13.500 [lagi]," kata Ketua DK OJK Wimboh Santoso, Selasa (7/8/2018).

Dia menjelaskan, hal yang memungkinkan Rupiah kembali ke level tersebut adalah saat neraca pembayaran dan neraca perdagangan dalam kondisi yang surplus. Namun, faktanya saat ini Indonesia sangat begantung pada impor.

"Jadi Rupiah trennya selalu melemah, kapan tidak melemah? Yah kalau neraca perdagangan dan pembayaran kita sudah surplus," tekannya.

Kendati demikian, menurutnya, bukan berarti Indonesia harus berhenti melakukan impor. Mengingat industri domestik memiliki kebutuhan pada barang impor, sehingga setiap kebijakan tentu ditetapkan secara terukur.

"Enggak bisa juga kita kasih kebijakan naikkan tarif baja [impor], supaya baja Krakatau Steel [KS] laku, apakah KS bisa suplai semua [kebutuhan]? Kan belum tentu. Jadi [kebijakan] juga memang benar-benar harus terukur," jelasnya.

Di sisi lain, bila pun akhirnya kurs Rupiah terlalu menguat, menurut Wimboh, tentu pemangku kebijakan akan membuat nilai Rupiah akan menurun sesuai fundamental. "Surplus itu pun masih mikir, kalau Rupiah terlalu kuat, yah akan diturunkan untuk tetap insentif ke ekpsor," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, Pemda DIY Klaim Harga Beras Mulai Turun di Pasaran

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement