Advertisement

Moka Dorong UKM Manfaatkan Teknologi

Holy Kartika Nurwigati
Senin, 27 Agustus 2018 - 14:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Moka Dorong UKM Manfaatkan Teknologi Salah satu pemateri dalam acara A Cup of Moka dalam rangka memberikan edukasi dan mendorong UKM mengembangkan bisnisnya melalui strategi pemasaran digital yang diselenggarakan oleh startup layanan kasir digital, Moka, di Kedai Kopi Lantai Bumi, Sabtu (25/8). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebagai penyedia layanan kasir digital, Moka, mencoba mendorong pegiat UKM di Jogja untuk menjadi wirausaha kreatif melalui acara A Cup of Moka yang digelar di Kedai Kopi Lantai Bumi, Sabtu (25/8). Program edukasi ini untuk mendukung UKM mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan solusi teknologi.

Head of Digital Moka Ferdi Anggriawan mengungkapkan acara seminar dilakukan dengan mengusung tema Strategi Pemasaran Digital. Sebagai start-up yang telah dipercaya lebih dari 10.000 gerai di Indonesia, Moka memberikan berbagai tip untuk para pelaku usaha untuk mengiklankan produk dan jasanya melalui platform digital.

Advertisement

"Ada tiga hal utama yang perlu diingat sebelum memasarkan produk atau jasa dari bisnis yang dijalani. Antara lain menciptakan strategi retensi, mengatur pesan utama dalam pemasaran sebelum memilih media yang tepat, serta optimisasi pemasaran melalui channel digital," kata Ferdi.

Ferdi menjelaskan di Amerika Serikat, misalnya, satu orang melihat setidaknya 4.000 iklan dalam satu hari. Sudah menjadi tugas utama bagi para pelaku usaha untuk dapat mendefinisikan cara yang efektif untuk mengiklankan produknya di era yang penuh distraksi ini.

Sedangkan mengenai strategi mengiklankan bisnis di platform digital, Ferdi menambahkan strategi retensi merupakan sekumpulan inisiatif untuk mengurangi jumlah pelanggan yang pindah atau berhenti menggunakan produk atau jasa yang dimiliki. Strategi tersebut, lanjut dia, memiliki pengaruh terhadap kelanjutan bisnis yang dijalankan.

“Setelah menentukan pesan utama, pelaku usaha dapat manfaatkan channel digital karena lebih mudah dalam mengontrol budget, segmentasinya bisa diatur, dan mendapatkan manfaat yang bisa dikalkulasi dengan lebih efektif,” kata Ferdi.

Pemilik Coffee Shop Lantai Bumi Dedy Apriady juga turut membagi pengalamannya dalam menjalankan strategi retensi, yakni melalui integrasi dengan aplikasi modern untuk mendukung bisnisnya. “Mempertahankan pelanggan bisa dimulai dengan cara mengetahui apa yang mereka inginkan dan juga membaca keperluan pasar dengan bantuan teknologi,” kata Dedy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jaring Bakal Calon Bupati Pilkada, PKS Kulonprogo: 3 Kader Internal, 6 Tokoh Masyarakat

Kulonprogo
| Selasa, 16 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement