Mau Jadi Pengusaha Sukses? Jangan Malas Baca Buku

Mau Jadi Pengusaha Sukses? Jangan Malas Baca BukuKepala BPAD DIY Monika Nur Lastiyani saat memberikan sambutan pembukaan Bedah Buku Mau Jadi Pengusaha? Jangan Cengeng di Kelurahan Sorosutan, Kamis (13/9/2018). - Harian Jogja/Holy Kartika N.S
14 September 2018 05:37 WIB Holy Kartika Nurwigati Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY mengedukasi masyarakat Kelurahan Sorosutan tentang dunia bisnis. Upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat mencoba didorong salah satunya dengan kegiatan Bedah Buku Mau Jadi Pengusaha? Jangan Cengeng, Kamis (13/9/2018).

“Kami ingin mendorong upaya pengentasan kemiskinan di daerah lewat peran perpustakaan. Salah satunya kegiatan yang kami laksanakan di kelurahan ini,” ujar Kepala BPAD DIY MonikaNur Lastiyani seusai membuka acara Bedah Buku Mau Jadi Pengusaha? Jangan Cengeng di Ruang Pertemuan Kelurahan Sorosutan.

Monika memaparkan program bedah buku sudah diselenggarakan BPAD DIY di sejumlah kelurahan dan desa di DIY. Sebelum program dilakukan, dilakukan pemetaan untuk menentukan buku yang tepat untuk mendorong dan menginspirasi masyarakat yang disasar.

Salah satunya melihat potensi masyarakat di Kelurahan Sorosutan yang memiliki peluang untuk menjadi pengusaha. Upaya menggerakkan ekonomi desa dilakukan dengan mengedukasi masyarakatnya lewat kisah sukses seorang pengusaha lewat buku yang ditulis.

“Setiap desa atau kelurahan yang kami datangi, akan mendapatkan jenis buku yang berbeda untuk didiskusikan bersama. Kami memandang Kelurahan Sorosutan ini, warganya memiliki potensi untuk memiliki usaha atau bisnis,” ungkap Monika.

Bedah buku ini diikuti sedikitnya oleh 100 peserta yang merupakan warga sekitar kelurahan. Melalui program ini, BPAD berupaya mendorong pengentasan kemiskinan dengan mendorong masyarakat untuk menggiatkan budaya membaca.

Monika menambahkan melalui membaca, masyarakat akan mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan. Salah satunya ilmu tentang berbisnis dan membangun usaha. “Dari sejumlah desa yang pernah kami selenggarakan program ini, mulai bermunculan usaha atau industri rumah tangga, yang awalnya terinspirasi dari kegiatan bedah buku. Harapannya, buku ini bisa memotivasi masyarakat di Sorosutan supaya mereka bisa menjadi pengusaha yang tangguh,” jelas Monika.

Penulis Buku Mau Jadi Pengusaha? Jangan Cengeng, Akbar Kaelola mengungkapkan buku tersebut sudah ditulis sejak 2010. Melalui buku tersebut, dia berkisah tentang usaha yang dilakukannya untuk mengembangkan bisnis yang dikelolanya.

“Buku ini lahir dari sekian kali kegagalan bisnis yang pernah saya hadapi,” ungkap Akbar.