LOL Kolaborasi Antara Kreatif Market & Seni Anak Muda

LOL Kolaborasi Antara Kreatif Market & Seni Anak MudaPameran produk kreatif anak muda dalam Land of Leisure 2018: The Greatest Weekend dipadati pengunjung di Atrium Utama Plaza Ambarrukmo, Jumat (12/10). - Harian Jogja/Holy Kartika N.S
13 Oktober 2018 08:33 WIB Holy Kartika Nurwigati Ekbis Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Kreativitas anak muda yang berkembang pesat telah menyentuh berbagai bidang, dari seni hingga dunia usaha. Puluhan produk kreatif anak muda dari Jogja dan berbagai kota di Indonesia dihadirkan kembali dalam Land of Leisure (LOL) 2018 yang digelar di Atrium Utama Plaza Ambarrukmo dan akan diselenggarakan 12-14 Oktober 2018.

Managing Director Plaza Ambarrukmo Harris Susanto mengatakan industri kreatif yang berkembang di Indonesia ini tidak terlepas dari peran generasi milenial. “Bahkan, dari beberapa data yang saya baca, sejak 2012, tumbuhnya start-up [bisnis rintisan] telah turut berkontribusi untuk negara yang nilainya mencapai sekitar Rp45 triliun,” ujar Harris saat membuka Land of Leisure 2018 bertajuk The Greates Weekend, Jumat (12/10).

Pertumbuhan pesat dari industri kreatif dari anak muda ini menjadi salah satu konsentrasi Plaza Ambarrukmo untuk ikut serta mewadahi serta mempromosikan produk kreatif mereka. Harris menambahkan peran serta sektor usaha kecil dan menengah dalam menggerakkan ekonomi nasional sangatlah besar.

“Hal itu dilihat dari banyaknya populasi UKM di Indonesia. Ada sedikitnya 7,5 juta orang yang menjadi penggerak UKM di Indonesia. Peranan mereka tak hanya menggerakkan dunia usaha tetapi juga turut membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang,” jelas Harris.

Pelaksanaan acara ini menghadirkan total 99 tenant yang terdiri dari 61 tenant produk fesyen dan gaya hidup, 38 tenant makanan dan minuman. Selain menghadirkan produk kreatif dari anak-anak muda, kreativitas seniman muda juga diberikan ruangan khusus untuk menampilkan karya seni di tengah suasana creative market. Seniman muda yang turut tampil dalam acara ini antara lain Wulang Sunu, Mahaputra Vito dan Mita Lestari.

“Para seniman muda ini bekerja sama dengan kami dengan menampilkan sejumlah karya seni instalasi yang akan menghiasi area utama LOL di Atrium Utama Plaza Ambarrukmo,” ujar Creative Director Land of Leisure Jogja Rivan Hamdani.

Rivan memaparkan pada pelaksanaan LOL 2018 kali ini, menyajikan konten acara yang menarik. Antara lain curated market, talk show, coaching session dan music festival. Kemeriahan acara ini juga dibarengi dengan acara tahunan Plaza Ambarrukmo Sound of Soul (SOS) yang nantinya pengunjung akan dihibur dengan berbagai pengisi acara musik di dua panggung.

“Selain musisi lokal dan indie, tahun ini kami akan memboyong musisi asal New Zealand, Fazerdaze. Kami berharap kegiatan ini tidak sekadar menjadi daya tarik bagi anak muda dan masyarakat Jogja, tetapi juga lebih memperkenalkan lebih luas lagi Jogja, baik nasional maupun dunia internasional,” jelas Rivan.