JCM Angkat Keragaman Kuliner Nusantara

JCM Angkat Keragaman Kuliner NusantaraPerwakilan dari Lippo Plaza menyerahkan pataka ke GM Jogja City Mall (JCM), Ferry Gunardi di JCM, Kamis (18/10). - Harian Jogja/Rheisnayu Cyntara
19 Oktober 2018 06:30 WIB Rheisnayu Cyntara Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Jogja City Mal (JCM) mengangkat keragaman kuliner Nusantara melalui gelaran Wonderfood Festival 2.0 yang diselenggarakan pada 18-21 Oktober. Sebanyak 30 tenant bergabung pada festival kuliner akbar ini dengan total lebih dari 50 jenis makanan dan minuman yang disajikan.

GM JCM, Ferry Gunardi mengatakan festival ini merupakan yang kedua kalinya diadakan. Temanya masih sama yakni Wonderfood Indonesia sebagai salah satu komitmen JCM untuk memperkenalkan potensi kuliner dari Sabang sampai Merauke ke masyarakat luas. Ferry menyebut festival ini juga diperuntukkan para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya.

"Kami harap acara ini berjalan lancar. Potensi UMKM di Jogja ini dapat terangkat sekaligus memberikan alternatif wisata kuliner bagi masyarakat maupun wisatawan yang datang ke Jogja," katanya, Kamis (18/10).

SPV Event & Promotion JCM, Fandi Sutanto menjelaskan ada perbedaan gelaran festival kali ini dengan tahun lalu. Meski sama-sama mengangkat tema Wonderfood Indonesia, kuliner yang tersedia tahun ini lebih beragam. Sebab tak ada batasan khusus yang ditentukan seperti tahun lalu yang mengangkat tema besar kuliner sate. Menurutnya hal ini dilakukan agar para UMKM di Jogja dapat terwadahi melalui acara ini.

Dengan memfasilitasi para pelaku UMKM, segmen Wonderfood Indonesia pun menjadi luas. Dari anak muda hingga keluarga. Pasalnya jenis kuliner yang ditawarkan tak hanya kekinian khas anak muda tetapi juga kuliner yang cocok bagi keluarga seperti nasi balap ala Lombok dan nasi khas Bali. "Harapan kami akan makin banyak masyarakat yang hadir. Jika tahun lalu rata-rata per hari ada 2.000 pengunjung, tahun ini kami target 3.500 pengunjung," imbuhnya. Tak hanya sajikan kuliner, Fandi menyebut ada beragam kesenian setiap sorenya. Seperti penampilan dari Sanggar Tari Cinde Wulung, Angklung Nusantara, dan Sasando Etnic Music.

Agenda akbar ini digagas oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DIY yang dimulai sejak 27 September hingga 28 Oktober mendatang. Berlokasi di tujuh mal yang ada di Jogja, WICSF mengusung tema Wonderful Taste of Indonesia 2.0. Ketujuh mal tersebut adalah Hartono Mall dengan tema d'Taste of Indonesia #2 pada 27-30 September; Galeria Mall dengan tema Gale Nismara Evocative pada 4-7 Oktober; Lippo Plaza dengan tema Jogja Refoodlution #3 pada 11-14 Oktober, Jogjatronik Mall dengan tema Jete Mak Joss #3 pada 11-14 Oktober, Jogja City Mall dengan tema Wonderfood Indonesia pada 19-21 Oktober; Plaza Ambarrukmo dengan Taste of Harmony pada 19-21 Oktober dan Malioboro Mall dengan Cip Icip Mantul pada 26-28 Oktober.