Advertisement

Buntut Lion Air Jatuh, Siap-Siap Tiket Pesawat Bertarif Murah Bakal Naik

Newswire
Kamis, 01 November 2018 - 18:05 WIB
Bhekti Suryani
Buntut Lion Air Jatuh, Siap-Siap Tiket Pesawat Bertarif Murah Bakal Naik Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/9/2018). - Antara/Hafidz Mubarak A

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah berencana menaikkan tarif tiket penerbangan murah.

Peristiwa kecelakaan maut yang menimpa pesawat Lion Air JT-610 benar-benar menjadi evaluasi menyeluruh bagi pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Advertisement

Salah satu yang disoroti oleh Kemenhub adalah soal tiket penerbangan murah atau low cost carrier (LCC), seperti yang dilayani oleh Lion Air.

Isu yang mengemuka adalah tarif pesawat yang murah ini, secara tidak langsung, menjadi "kambing hitam", karena dianggap menjadi alasan turunnya kualitas keamanan atau safety penerbangan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pun meresponS hal ini. Pihaknya berencana menaikkan batas tarif murah untuk LCC.

"LCC saya pikir menjadi hal yang lumrah dan ada di mana-mana. Tarif ini, dengan adanya dolar yang naik, avtur yang naik memang sangat sensitif. Mungkin saya akan mengevaluasi lagi, terutama tarif batas bawah," kata dia.

Besaran kenaikan tarif batas bawah ini, kata dia, akan diberlakukan dengan hati-hati.

"Kita mengevaluasi batas bawah itu, [tentu memperhitungkan] dampakmya kepada konsumen. Saya hati-hati menaikan tarif batas bawah 5%," kata dia.

Terpenting, menurut Budi, kenaikan tarif batas bawah ini bisa meng-cover pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hingga kenaikan harga avtur yang terjadi.

"Melihat perkembangan dolar AS [menjadi] lebih tinggi, selain case ini, akan menimbang kembali aturan [tarif batas bawah] ini," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kirab Pengantin Tebu di Pabrik Gula Madukismo

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement