Advertisement

Ini Loh Penyebab Ribuan Burung Nekat Lintasi Jogja dan Sempat Ganggu Penerbangan

Rheisnayu Cyntara
Minggu, 11 November 2018 - 15:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Ini Loh Penyebab Ribuan Burung Nekat Lintasi Jogja dan Sempat Ganggu Penerbangan Ilustrasi Bandara Adisutjipto, Jogja. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 12 penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Adisutjipto terdampak serangan ribuan burung pada Minggu (11/11) sekitar pukul 05.00 WIB. Landasan pacu sempat ditutup selama 1,5 jam guna menghalau burung-burung tersebut dari landasan pacu.

Airport Duty Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Beny Ramadhan menyebut serbuan ribuan burung di landasan pacu ini disebabkan saat musim hujan banyak muncul laron ataupun serangga lainnya dari dalam tanah yang terguyur air hujan. Akibatnya, burung-burung pun berdatangan untuk mencari makan. Menurutnya akibat serangan burung ini, ada 12 penerbangan yang terdampak penutupan sementara landasan pacu ini.

Advertisement

Sebanyak tiga pesawat yang akan mendarat ke Bandara Adisutjipto terkena holding di airspace, delapan pesawat yang akan berangkat ditunda, dan satu pesawat Citilink yang akan terbang terpaksa push back karena terkena holding di taxiway. "Citilink push back pukul 05.03 WIB dan baru berhasil take off pukul 06.24 WIB. Setelah itu [Citilink take off], operasional bandara normal kembali," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement