Ini Loh Penyebab Ribuan Burung Nekat Lintasi Jogja dan Sempat Ganggu Penerbangan

Ini Loh Penyebab Ribuan Burung Nekat Lintasi Jogja dan Sempat Ganggu PenerbanganIlustrasi Bandara Adisutjipto, Jogja. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya
11 November 2018 15:30 WIB Rheisnayu Cyntara Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 12 penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Adisutjipto terdampak serangan ribuan burung pada Minggu (11/11) sekitar pukul 05.00 WIB. Landasan pacu sempat ditutup selama 1,5 jam guna menghalau burung-burung tersebut dari landasan pacu.

Airport Duty Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Beny Ramadhan menyebut serbuan ribuan burung di landasan pacu ini disebabkan saat musim hujan banyak muncul laron ataupun serangga lainnya dari dalam tanah yang terguyur air hujan. Akibatnya, burung-burung pun berdatangan untuk mencari makan. Menurutnya akibat serangan burung ini, ada 12 penerbangan yang terdampak penutupan sementara landasan pacu ini.

Sebanyak tiga pesawat yang akan mendarat ke Bandara Adisutjipto terkena holding di airspace, delapan pesawat yang akan berangkat ditunda, dan satu pesawat Citilink yang akan terbang terpaksa push back karena terkena holding di taxiway. "Citilink push back pukul 05.03 WIB dan baru berhasil take off pukul 06.24 WIB. Setelah itu [Citilink take off], operasional bandara normal kembali," ucapnya.