Tumbuhkan Cinta Kereta Api lewat Book Fair

Tumbuhkan Cinta Kereta Api lewat Book FairPengunjung melihat-lihat koleksi buku yang ada dalam Book Fair di Lobi Utama Stasiun Tugu Jogja, Minggu (18/11). Kegiatan ini diadakan serentak di seluruh stasiun di Indonesia pada 14-18 November 2018. - Harian Jogja/Rheisnayu Cyntara
19 November 2018 07:30 WIB Rheisnayu Cyntara Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PT KAI Daop 6 Yogyakarta bekerja sama dengan PT Gramedia menumbuhkan rasa cinta anak-anak kepada kereta api dengan mengadakan acara Book Fair. Berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan seperti lomba melukis, menulis cerpen, dan membaca puisi.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan acara ini diselenggarakan serentak di seluruh stasiun di Indonesia pada 14-18 November. Menurutnya pada hari terakhir penyelenggaraan, beberapa lomba diadakan di lobi utama Stasiun Tugu Jogja. Tak hanya itu, seusai berlomba para peserta juga akan diberikan materi seputar cara berkereta api yang baik dan benar. Seperti etika naik kereta api, apa yang perlu dilakukan saat kereta api lewat, larangan melempari kereta api hingga larangan berswafoto di jalur rel yang dapat membahayakan keselamatan.

Hal ini dilakukan karena menurut Eko anak-anak merupakan penerus masa depan. Edukasi seputar kereta api perlu diberikan agar nantinya saat dewasa mereka dapat menjadi pionir dalam memajukan dunia perkeretaapian di Indonesia. Selain itu, acara Book Fair juga ditujukan agar stasiun tak hanya menjadi tempat naik dan turun penumpang saja. Tetapi lebih dari itu, stasiun bisa menjadi tempat untuk sosialisasi, edukasi, maupun hiburan bagi masyarakat. "Apalagi ada Book Fair, penumpang bisa memilih-milih buku dan membeli untuk teman perjalanan. Sehingga kita juga berkontribusi pada peningkatan minat baca juga," katanya pada Minggu (18/11).

PIC Bookfair dari PT Gramedia, Danang Wijaya mengatakan ada sekitar 300 judul buku yang dipamerkan pada Book Fair kali ini. Dengan beberapa kategori seperti novel best seller, masakan, dan buku anak-anak. Danang menyebut untuk acara kali ini, novel dan buku anak paling mendapat atensi dari para penumpang.