Advertisement

Daging Kerbau Kian Diminati Pengusaha Kuliner

Holy Kartika Nurwigati
Rabu, 12 Desember 2018 - 08:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Daging Kerbau Kian Diminati Pengusaha Kuliner Ilustrasi daging - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Harga daging sapi masih bertahan pada kisaran harga yang cukup tinggi di pasaran. Sebagai alternatif bahan pangan, daging kerbau mulai menarik masyarakat Jogja, terutama bagi kalangan pengusaha kuliner.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY Tri Saktiyana mengungkapkan daging kerbau tidak kalah nikmat dan tidak ada bedanya dengan daging sapi. "Daging kerbau sama enaknya dengan daging sapi, harganya juga jauh lebih murah," ujar Sakti, Selasa (11/12).

Advertisement

Sakti mengungkapkan harga daging sapi sudah mencapai lebih dari Rp100.000 per kilogram. Bagi masyarakat maupun kalangan pedagang, tingginya harga komoditas ini dinilai sangat memberatkan. Sedangkan selisih harga daging kerbau dan daging sapi terpaut hingga Rp40.000 per kilogramnya.

"Sebagian besar memang daging kerbau masih dimanfaatkan oleh pelaku usaha katering, pedagang bakso hingga rumah makan padang. Sedangkan konsumsi rumah tangga masih belum begitu familier dengan daging kerbau," jelas Sakti.

Menurut Kepala Bulog Divre DIY Akhmad Kholisun, dari segi rasa dan tekstur, daging kerbau tidak jauh berbeda dengan daging sapi. Bahkan, menurut sejumlah penelitian, daging kerbau memiliki kolesterol yang lebih rendah dibandingkan daging sapi, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Diakui Kholisun, beberapa tahun ke belakang, daging kerbau tidak banyak diminati masyarakat. Namun, sejak Mei hingga saat ini, permintaan daging kerbau terus meningkat.

"Rata-rata Bulog bisa menjual hingga satu kuintal daging kerbau per harinya," ungkap Kholisun.

Lebih lanjut Kholisun mengatakan daya tarik daging kerbau masih begitu diminati kalangan pengusaha kuliner. Daging kerbau dijual dengan harga Rp70.000 per kilogram untuk tingkat pengecer, sedangkan untuk konsumen, dijual dengan harga Rp73.000 per kilogram.

"Saat ini stok daging kerbau yang dimiliki Bulog ada kurang lebih 8,6 ton dan dapat mencukupi kebutuhan daging hingga dua bulan ke depan," jelas Kholisun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement