Advertisement

Mulai 2019, Calhaj Bakal Dapat Bagi Hasil Dana Haji

Newswire
Jum'at, 14 Desember 2018 - 19:37 WIB
Nina Atmasari
Mulai 2019, Calhaj Bakal Dapat Bagi Hasil Dana Haji Ilustrasi ibadah haji dan umrah. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SURABAYA -Rekening maya atau virtual account bagi jemaah haji tunggu mulai diberlakukan pada 2019. Para calon jemaah haji akan mendapat bagi hasil dari investasi dana haji yang disetorkannya.

Anggota Badan Pelaksana (BPKH) Bidang Operasional Iskandar Zulkarnain menyatakan, melalui virtual account tercatat saldo setoran awal jamaah ditambah nilai manfaat atau imbal hasil yang diperoleh dari investasi yang dilakukan BPKH setiap bulan. Saat ini, saldo setoran awal jamaah ditentukan Rp25 juta.

Advertisement

"Rekening maya ini berkerjasama dengan Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH)," kata dia dalam konferensi pers di Indonesia Shari'a Economic Festival (ISEF) 2018, Grand City, Surabaya (14/12/2018).

Dia menjelaskan, nantinya imbal hasil akan diberikan kepada jemaah haji tunggu secara periodik selama enam bulan sekali. Rencananya awal tahun 2019 nilai manfaat mulai dibagikan ke Jemaah haji tunggu.

"Besaran nilainya sendiri menunggu realisasi di akhir bulan Desember 2018," imbuhnya.

Saat ini sudah terdapat sebanyak 3,9 juta jamaah haji tunggu, di mana jamaah ini akan dilakukan konversi untuk mendapatkan virtual account. Sementara untuk jamaah yang baru mendaftar akan langsung otomatis mendapatkan rekening tersebut.

“Sebanyak 3,9 juta (jemaah tunggu) akan diverikasi terlebih dahulu dan butuh pendalaman untuk nanti diberi virtual account," katanya.

Menurut Iskandar dengan adanya virtual account membuat pengelolaan dana haji lebih transparan dan akuntabel ke publik. "Bahwa sesuai dengan undang-undang nilai manfaat yang dibagikan selama masa tunggu melalui virtual account, sehingga fungsi transparansi berjalan, bisa diketahui publik," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement