Advertisement

Meski Tarif Pesawat Turun, Keselamatan Tak Akan Digadaikan

Rio Sandy Pradana
Senin, 14 Januari 2019 - 13:40 WIB
Budi Cahyana
Meski Tarif Pesawat Turun, Keselamatan Tak Akan Digadaikan Ilustrasi pesawat Airasia lepas landas. - Bisnis Indonesia/Paulus Tandi Bone

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kementerian Perhubungan menjamin penurunan tarif pesawat oleh maskapai tidak akan memengaruhi keamanan dan keselamatan penerbangan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti mengatakan bisnis utama maskapai adalah keamanan dan keselamatan. Itu menjadi harga mati yang harus dipenuhi.

Advertisement

"Saya pastikan sebagai regulator tidak akan ada toleransi terhadap safety," kata Polana, Senin (14/1/2019).

Dia menambahkan akan tetap melakukan pengetatan dan meningkatkan intensitas uji kelaikan (ramp check) pesawat pada tahun ini.

Pihaknya menilai munculnya isu harga tiket mahal dipicu karena masyarakat yang sangat responsif didukung dengan kekuatan media sosial. Di sisi lain, ada juga pihak yang berupaya memengaruhi masyarakat

"Pengaruh provokator juga banyak, terus terang saja. Terlalu banyak yang memengaruhi negatif sehingga masyarakat menjadi reaktif," ujarnya.

Sebelumnya, Asosiasi Maskapai Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carrier Association/INACA) mengklaim penurunan tarif tiket penerbangan seluruh maskapai nasional sudah dilakukan sejak 11 Januari 2019 sebesar 20% hingga 60%.

Penurunan harga dilakukan pada beberapa rute penerbangan domestik seperti Jakarta-Denpasar, Jakarta-Jogja, Jakarta-Surabaya, Bandung-Denpasar, dan akan dilanjutkan dengan rute lainnya dalam beberapa hari ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement