Advertisement

AP I Latih Warga Terdampak NYIA Jadi Operator BTT

Kusnul Isti Qomah
Selasa, 22 Januari 2019 - 12:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
AP I Latih Warga Terdampak NYIA Jadi Operator BTT Peserta berfoto bersama saat pembukaan Pelatihan Baggage Towing Tractor (BTT) di Angkasa Pura I, Sleman, Senin (21/1). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembangunan Bandara Baru Internasional Yogyakarta (NYIA) terus berlanjut. Sampai dengan Senin (21/1), progres pembangunan NYIA mencapai 30,2% dengan target minimum operation pada April 2019.

Selaras dengan pembangunan yang terus berlanjut, PT Angkasa Pura I (Persero) menyelenggarakan pelatihan melalui program corporate social responsibility (CSR) bagi warga yang berada di wilayah pembangunan bandara di Kulonprogo. Salah satunya program pelatihan agar masyarakat siap menangkap peluang dari pembangunan NYIA.

Advertisement

General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta selaku Juru Bicara Proyek Pembangunan Bandara Baru Internasional Yogyakarta (NYIA), Agus Pandu Purnama, membuka

Pelatihan Baggage Towing Tractor (BTT) di Angkasa Pura (AP) I, Sleman, Senin (21/1).

"Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta yang berasal dari lima desa di Kecamatan Temon, yaitu Desa Glagah, Palihan, Sindutan, Jangkaran dan Kebonrejo," ujar dia, Senin.

Ia menjelaskan, pelaksanaan pelatihan tersebut merupakan program CSR PT Angkasa Pura I (Persero) dalam mengawal proses pembangunan NYIA yang bekerja sama dengan PT Cardig Aero Services Tbk (CAS Group).

Pelatihan BTT bertujuan peserta mendapatkan awareness mengenai peluang usaha dengan adanya pembangunan NYIA. Baggage towing tractor merupakan alat untuk menarik pallet dollies, container dollies, dan kendaraan yang membawa kargo serta bagasi penumpang.

Ia mengatakan melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta teredukasi dengan pengetahuan dan skill yang diperlukan untuk nantinya dapat menangkap peluang bekerja di lingkungan Bandara sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

"Saya berharap para peserta bisa mengikuti pelatihan dengan serius dan kuatkan mental untuk bisa bekerja nantinya," kata dia.

Rismantory, Koordinator Help Desk (Balai Pemberdayaan Masyarakat) Kulonprogo mengatakan pelatihan BTT akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Untuk pelaksanaan gelombang I berlangsung pada 21 Januari-7 Februari 2019 bertempat di Kantor Balai Pemberdayaan Masyarakat Help Desk NYIA. "Sementara, pelatihan BTT gelombang II dilaksanakan 11-27 Februari 2019," ujar dia.

Pimpinan CAS Andre Suntono menyambut baik kerja sama dengan Angkasa Pura I dalam menyiapkan masyarakat terdampak. Ia berharap para peserta pelatihan bisa menyerap ilmu selama pelatihan dengan maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City yang Laporkan Pengembang Ke Polda DIY Bertambah

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement