Advertisement

Perusahaan Otobus Bidik Segmen Wisata

Kusnul Isti Qomah
Kamis, 24 Januari 2019 - 06:33 WIB
Mediani Dyah Natalia
Perusahaan Otobus Bidik Segmen Wisata Suasana pengosongan di salah satu rumah warga penolak di Dusun Sidorejo, Glagah, Kamis (19/7/2018). - Harian Jogja - Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana membuat kereta api–kereta api jarak jauh berhenti di stasiun kereta Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) sebagai salah satu akses pendukung menuju bandara. Tidak hanya itu, nantinya juga akan disiapkan shuttle bus untuk mengangkut penumpang dari Stasiun Wojo ke Bandara NYIA.

Bagi pelaku usaha perusahaan otobus (PO) peluang yang terbuka lebar adalah penyediaan jasa kendaraan wisata. "Sepengetahuan kami, bandara di Kulonprogo untuk wisatawan. Kalau wisata kami sudah siap. Hampir 90 persen PO sudah melakukan peremajaan kendaraan untuk wisata," papar Ketua DPD Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY V Hantoro, Selasa (22/1).

Advertisement

Untuk kendaraan umum yang mengangkut penumpang ke bandara, ia melihat peluangnya kecil karena sekarang ini kendaraan umum tergeser oleh kendaraan pribadi. Keterisian penumpang bus antarkota dalam provinsi (AKDP) hanya 7%.

"Kalau nantinya yang dikembangkan tidak hanya wisata, tetapi juga industri, mungkin ada peluang. Selain itu, harus ada jalur khusus bandara," kata dia.

Ia menghitung untuk kendaraan dengan sirkulasi cepat, yang cocok untuk angkutan ke bandara adakah kendaraan dengan kapasitas 12 hingga 14 orang. Namun, dengan kondisi lalu lintas saat ini yang padat jarak tempuh masih lebih dari satu jam 20 menit sehingga biaya akan mahal. Kecuali, jika pemerintah menyediakan jalur khusus ke bandara.

Pemilik PO Langen Mulyo Agus Andrianto mengaku untuk saat ini belum bisa menakar kebutuhan transportasi apa saja yang diperlukan. Kajian itu bisa dilakukan setelah bandara benar-benar selesai dibangun. "Kami akan lihat dulu. Setelah bandara ini jadi, kira-kira apa yang bisa kami ambil bagian?" tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement