Advertisement

Garuda Terbangkan Rute Medan-Penang Hari Ini

Sabtu, 01 Juni 2013 - 08:41 WIB
Maya Herawati
Garuda Terbangkan Rute Medan-Penang Hari Ini

Advertisement

[caption id="attachment_411988" align="alignleft" width="370"]http://www.harianjogja.com/baca/2013/06/01/garuda-terbangkan-rute-medan-penang-hari-ini-411987/garuda-indonesia-bisnis-indonesia-dwi-prasetya-4" rel="attachment wp-att-411988">http://images.harianjogja.com/2013/06/garuda-indonesia-Bisnis-Indonesia-Dwi-Prasetya-370x246.jpg" alt="" width="370" height="246" /> Foto Garuda Indonesia
JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya[/caption]

MEDAN-Maskapai Penerbangan pelat merah PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) menerbangkan pesawat langsung dengan rute Medan-Penang Malaysia hari ini, Sabtu (1/6/2013). Hal tersebut dilakukan pasca ditetapkannya Medan sebagai pusat distribusi atau Hub keempat Garuda setelah Jakarta, Denpasar dan Makassar.

Advertisement

Medan menjadi pusat transit bagi rute-rute penerbangan Garuda di wilayah Sumatra dan Indonesia bagian barat. Nantinya, Medan sebagai Hub baru penerbangan Garuda tidak perlu lagi transit di Jakarta.

Pujobroto, Vice President for Corporate Communication Garuda Indonesia, mengatakan perseroan pada 3 Mei 2013 secara resmi menetapkan Medan sebagai Hub keempat. Hal itu dilakukan untuk pengembangan jaringan penerbangan Garuda.

"Garuda menempatkan lima pesawat Bombardier, dari Medan Garuda membuka penerbangan ke Palembang, Padang, Batam dan Penang. Penerbangan dari Medan ke Penang mulai besok," ujarnya Jumat malam (31/5/2013).

Tiga rute domestik, lanjutnya, yang terdiri dari Medan-Palembang, Medan-Padang dan Medan-Batam telah dioperasikan sejak Mei lalu. Sedangkan untuk rute Medan-Penang baru bisa dilakukan hari ini.

Empat rute yang dibuka Garuda tersebut dilayani dengan pesawat Bombardier CRJ1000 NextGen yang dikonfigurasi dalam 12 kursi kelas bisnis dan 84 kursi kelas ekonomi. Garuda akan menempatkan setidaknya tiga pesawat CRJ1000 di Medan untuk membuka sejumlah rute baru.

Dia menjelaskan, selain menghubunkan dengan empat destinasi baru di Sumatra dan Malaysia, Garuda juga akan berekspansi dengan membuka layanan rute internasional lainnya dari Medan.

Rencananya, Garuda akan membuka rute penerbangan Medan-Singapura, Medan-Kuala Lumpur dan Medan-Bangkok. Penerbangan dengan rute Medan-Penang Malaysia menjadi penerbangan internasional pertama yang dilayani Garuda dari Medan.

"Nanti juga akan terbang dari Medan ke Singapura, tapi ke Singapura saat ini masih dalam persiapan," jelasnya.

Tidak hanya mengembangkan rute internasional, dalam waktu dekat Garuda juga akan menambah penerbangan domestiknya dari Medan ke kota-kota seperti Pekanbaru dan Banda Aceh.

Selain itu, maskapai penerbangan milik pemerintah ini juga akan menghubungkan Medan dengan hub Garuda yang lain ataupun kota besar lain tanpa transit di Jakarta, seperti Medan-Denpasar, Medan-Makasar, dan Medan-Surabaya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

DIY Peroleh Kuota Transmigrasi untuk 16 KK di 2024

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement