DAMPAK LETUSAN KELUD : Bandara Adisutjipto Dibuka Rabu

DAMPAK LETUSAN KELUD : Bandara Adisutjipto Dibuka Rabu
18 Februari 2014 09:32 WIB Mediani Dyah Natalia Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pembukaan Bandara Internasional Adisutjipto yang semula diperkirakan akan dilakukan hari ini (18/2/2014) diundur besok, Rabu (19/2/2014).

Sebab, pada hari ini masih diperlukan proses pemeriksaan kesiapan landasan dan sistem navigasi.

General Manager (GM) Angkasa Pura (AP) 1 Bandara Internasional Adisutjipto, Andi G. Wirson mengakui penambahan waktu ini diperlukan lantaran manajemen pada hari ini harus melakukan pemeriksaan akhir. Proses pembersihan landasan dan bandara, kata dia, sudah selesai pada Senin (17/2/2014).

"Besok [18/2/2014] kami masih melakukan final check. Untuk mengetahui apakah masih ada yang perlu diperbaiki, baik alat navigasi dan lain-lain sebagainya. Kami juga akan melakukan pengecekan ulang untuk kebersihan. Jika masih diperlukan pembersihan lagi, akan kami lakukan," kata Andi, Senin (17/2/2014).

Pembukaan Bandara Internasional pada Rabu akan dimulai pada penerbangan pertama pukul 06.00 WIB. Diagendakan 126 jalur penerbangan mulai beroperasi secara normal.

Selain itu, tambah dia, sejumlah maskapai juga mengajukan penambahan penerbangan. Permohonan extra flight sepenuhnya juga telah disetujui.

"Ada beberapa maskapai minta extra flight dan sudah kami setujui. Mengenai maskapai apa saja dan berapa jumlahnya, kebetulan saya tidak membawa data," papar dia.