INVESTASI YOGYAKARTA : Paska-Lebaran, BEI DIY Nilai Transaksi Saham Segera Meningkat

INVESTASI YOGYAKARTA : Paska-Lebaran, BEI DIY Nilai Transaksi Saham Segera Meningkat
19 Juli 2015 15:20 WIB Redaksi Solopos Ekbis Share :

Investasi Yogyakarta dinilai BEI DIY akan segera pulih.

Bisnis.com, JOGJA- Bursa Efek Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (BEI DIY) optimistis transaksi saham di daerah setempat segera meningkat pascalebaran setelah didominasi aksi ambil untung saham.

"Kami perkirakan segera setelah libur Lebaran akan kembali terjadi aksi beli saham," kata Kepala BEI DIY Irfan Noor Riza di Yogyakarta, Sabtu (18/7/2015).

Menurut dia, setelah menjelang Lebaran banyak investor melakukan "profit taking" aksi ambil untung saham dengan melepas sahamnya, banyak emiten berfundamental baik dan harga sahamnya relatif terjangkau.

Sehingga, ia mengatakan, kesempatan itu seharusnya dapat dimanfaatkan oleh para investor khususnya yang baru untuk memborong saham.

"Kesempatan yang baik. Apalagi kondisi ekonomi dan suhu politik indonesia masih relatif stabil," kata dia.

Irfan mengemukakan bahwa aksi "profit taking" memang selalu terjadi menjelang hari raya. Sebagian besar investor memanfaatkannya untuk keperluan Lebaran.

Sementara itu, akibat sentimen positif yang didorong oleh ramainya aksi ambil untung investor tersebut, indeks harga saham gabungan (IHSG) cenderung mengalami penurunan 31 poin atau 0,63 persen ke level 4.870.

"Hal ini biasa terjadi menjelang Lebaran. Banyak investor yang mencairkan dananya untuk persiapan Lebaran. Mereka melakukan aksi "profit taking" ini dengan melepas saham-saham unggulan koleksinya yang memang sudah tinggi harganya," kata dia.

Data terakhir menunjukkan bahwa jumlah investor di DIY sebanyak 10.167 orang pada Desember 2014, dengan transaksi mencapai Rp207 miliar, atau naik dari November yang masih sebanyak 9.783 orang.

"Dengan jumlah investor baru yang cenderung terus meningkat, kami optimistis mampu mengembangkan investasi pasar modal di DIY," kata Irfan.