Advertisement

Kuartal Pertama Sandang Untung, Lebaran Laba Diprediksi Berlipat

M. Richard
Selasa, 10 April 2018 - 16:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kuartal Pertama Sandang Untung, Lebaran Laba Diprediksi Berlipat Ilustrasi belanja Lebaran. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Selama Februari-Maret, penjualan sandang mengalami peningkatan signifikan. Saat Ramadan dan Lebaran, situasi tersebut diprediksi akan berlipat ganda.

Berdasarkan Survei Bank Indonesia, indeks penjualan riil (IPR) pada Februari tumbuh 1,5% (yoy), meningkat dari -1,8% (yoy) pada bulan sebelumnya. Peningkatan penjualan terutama terjadi pada kelompok barang lainnya, terutama subkelompok komoditas sandang yang meningkat hingga 10,2% (yoy).

Advertisement

Pada Maret IPR tumbuhan sebesar 1,7% yoy. Peningkatan penjualan masih didorong oleh pertumbuhan penjualan kelompok barang lainnya, terutama subkelompok komoditas sandang yang tumbuh hingga mencapai 11,5% (yoy).

Menanggapi survei tersebut, Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat mengatakan peningkatan penjualan ritel merupakan hal yang wajar, karena sudah memasuki bulan puasa dan libur Lebaran. "Itu hasilnya wajar wajar-wajar saja sih," katanya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Selasa (10/4/2018).

Bahkan, katanya, memasuki puncak Lebaran nanti pertumbuhan penjualan diperkirakan akan mencapai hingga 25%. Situasi ini diperkirakan terjadi pada April dan Mei. Hanya, dia meminta pemerintah untuk dapat mensinkronisasi antara peraturan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, karena sering terjadi ambatan berusaha di daerah.

"Kita kesatuan, kalau dalam pelaksanaannya adalah otomoni daerah, yang masih ada raja-raja kecil," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement