Advertisement

Harga Turun, Penjualan Bright Gas 5,5 Kg Naik 6%

Holy Kartika Nurwigati
Rabu, 25 April 2018 - 22:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Harga Turun, Penjualan Bright Gas 5,5 Kg Naik 6% Bright gas. - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Setelah harga Bright Gas 5,5 kilogram turun dari Rp325.000 menjadi Rp270.000 per tabung, permintaan akan bahan bakar ini mengalami peningkatan. Penjualan cenderung mengalami peningkatan karena berbagai promo yang dilakukan Pertamina untuk meningkatkan penetrasi produk ini. 

Sales Executive LPG Rayon VI DIY, Dorojatun Sumantri mengungkapkan penjualan Bright Gas terus menunjukkan tren peningkatan. "Ditambah sekarang ini Pertamina memberikan program Trade In yakni tukar dua tabung tiga kilogram kosong dengan LPG Beight Gas 5,5 kilogram kosong gratis. Kami juga melakukan berbagai promo untuk mendorong penjualan gas ini," ujar Odi kepada Harian Jogja, Senin (23/4/2015). 

Advertisement

Odi mengatakan tren peningkatan penjualan Bright Gas 5,5 kilogram tampak pada periode penjualan Februari ke Maret. Dia mengungkapkan penjualan Bright Gas ini meningkat sekitar 6%, sedangkan untuk tabung 12 kilogram meningkat 3%. 

Lebih lanjut Odi mengatakan penetrasi pasar dari produk ini terus berkembang. Terlebih, pada 12 April lalu, Pertamina mengumumkan penurunan harga Bright Gas 5,5 kilogram dari Rp325.000 menjadi Rp270.000 per tabung. 

"Peningkatan Bright Gas 5,5 kilogram ini sekitar 4.000 tabung dan yang ukuran 12 kilogram naiknya sekitar 2.000 tabung," imbuh Odi. 

Rata-rata penjualan per bulan Bright Gas di wilayah ini, kata Odi, sebanyak 52.000 tabung untuk ukuran tabung 5,5 kilogram. Sedangkan untuk Bright Gas ukuran tabung 12 kilogram, setiap bulan rerata 19.000 tabung. 

Upaya untuk meningkatkan penetrasi produk bahan bakar gas ini terus dilakukan Pertamina. Setelah penurunan harga yang dilakukan sebagai bentuk apresiasi Pertamina terhadap kepercayaan konsumen pada produk ini, upaya memperbanyak jaringan distribusi juga terus dikembangkan. 

Odi menjelaskan upaya meningkatkan jaringan distribusi dilakukan dengan menyediakan stok LPG nonsubsidi di semua pangkalan atau SPBU. Selain itu, mempermudah Trade In atau penukaran tabung dan mengadakan berbagai promo khusus. 

"Kami juga membuat program aplikasi Bright Home Service yang dapat diakses masyarakat dengan mengunduh di Apple Store maupun playstore android," jelas Odi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement