Advertisement

Faber-Castell Dorong Generasi Indonesia Lebih Kreatif

Rheisnayu Cyntara
Jum'at, 11 Mei 2018 - 05:17 WIB
Nina Atmasari
Faber-Castell Dorong Generasi Indonesia Lebih Kreatif Foto ilustrasi. - Istimewa/PT Faber/Castell

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Perkembangan jaman yang kian dinamis, membuat seseorang tidak hanya dituntut memiliki kemampuan belajar dan berpikir namun juga kreativitas. Oleh sebab itu, Faber-Castell terus mendorong generasi kreatif di Indonesia melalui kampanye #Art4All.

Public Relation Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Andri Kurniawan mengatakan sebagai produsen alat tulis tertua dan terbesar di dunia, Faber-Castell memiliki komitmen kuat dalam mendorong dunia pendidikan dan kreativitas di Indonesia.

Advertisement

Diawali pada awal 2000, atau sejak 17 tahun silam, Faber-Castell menghadirkan beragam kegiatan dan program yang terkait dengan seni dan kreativitas. Di antaranya melalui pelatihan yang dilaksanakan di tingkat sekolah, dari ujung timur Indonesia hingga tapal batas di Merauke.

Tiap tahunnya, para pengajar ikut serta dalam beragam kegiatan berkonsep workshop guru. Sebab menurutnya Faber-Castell percaya menjadi kreatif, tidak hanya berhubungan dengan salah satu unsur seni, dan umur. Jiwa kreatif dapat tumbuh di semua individu, tanpa melihat batasan.

"Kami memberikan materi-materi sederhana, yang menarik dan ternyata dapat secara instan, melahirkan kemampuan dan pola pikir, bahwa menjadi kreatif tidaklah susah. Harapan kami, peranan bapak/ bu guru sebagai lini terdepan dalam pola didik, nantinya dapat menularkannya kepada peserta didik," ucapnya dalam rilis, Kamis (10/5/2018).

Andri menjelaskan salah satu bentuk kegiatan yang dihadirkan dalam workshop guru adalah menggambar dan mewarnai. Pasalnya di banyak penelitian, diketahui kedua kegiatan tersebut punya banyak manfaat.

Sebagai alat bercerita, secara sadar atau tidak, gambar dapat menjadi medium termudah bagi seseorang memaparkan sebuah alur cerita. Terkadang sebuah objek  gambar juga sekaligus mengandung pesan emosianal dari pembuatnya. Apalagi menggambar juga merupakan cara untuk meningkatkan kreativitas khususnya bagi anak usia dini.

Untuk tingkatan keluarga, Faber-Castell menghadirkan kegiatan FamilyArtCompetitions saat anak dapat membuat craft bersama keluarga.

"Lewat kegiatan keluarga ini kami mendorong adanya time well spent yang mungkin mulai terabaikan dengan tingginya aktivitas harian dan penggunaan gadget saat ini," imbuhnya.

Tidak hanya terkait dengan seni gambar, Andri menyebut Faber-Castell juga menghadirkan kegiatan yang terkait dengan dunia sastra dengan lomba menulis secara manual. Menurutnya kecintaan para penggiat sastra atas menulis manual ini, terlihat dari tingginya animo yang hadir dalam setiap kegiatan perlombaan menulis cerpen yang di adakan Faber-Castell. Tidak kurang ribuan karya mengikuti perlombaan yang berhadiah jutaan rupiah ini.

"Kami juga mengaktualisasikan seluruh karya pemenang dalam sebuah buku yang diterbitkan dan distribusikan secara profesional," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement