Teknologi ThruCrete dari Holcim Mencegah Genangan Air pada Permukaan

Teknologi ThruCrete dari Holcim Mencegah Genangan Air pada Permukaan Ilustrasi genangan air. - Solopos/M. Ferri Setiawan
11 Mei 2018 07:17 WIB Nina Atmasari Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Dalam mempersiapkan Asian Games ke-18 pada bulan Agustus mendatang Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan revitalisasi pada sejumlah sarana olah raga di Jakarta dan Palembang.

Salah satu sarana yang menjadi perhatian khusus dalam proses pembangunan dan peremajaan adalah kompleks olahraga terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sebagai salah satu pihak yang terlibat dalam proses revitalisasi, Holcim Indonesia melalui anak perusahaannya Holcim Beton mengaplikasikan produk ThruCrete yang mampu meresapkan air ke dalam tanah secara langsung di sejumlah area kawasan seperti jalur pejalan kaki serta lintasan jogging.  

Area ini merupakan bagian dari kompleks Gelora Bung Karno yang memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas positif yang dapat meningkatkan kualitas hidup.

“Inovasi dan solusi yang kami tawarkan di area ini bertujuan untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan juga lingkungan di sekitar. Hal ini sejalan dengan komitmen perusahaan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan bagi setiap pihak yang terlibat,” kata Marcelo Castro, Aggregate and Construction Materials Director, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (10/5/2018). 

Selain digunakan di kawasan Gelora Bung Karno, produk ThruCrete juga telah digunakan di beberapa ruas jalur pejalan kaki yang ada di Jakarta seperti Melawai, Blok M, Grogol dan Senayan serta taxiway landasan pacu bandara Juanda, Surabaya.

Dengan memiliki karakter yang berpori pada setiap lapisannya serta keunggulan dalam memberikan aksen warna tersendiri, ThruCrete dapat mencegah terjadinya genangan air pada permukaan dan juga dapat digunakan pada area tempat parkir kendaraan pribadi.

“Ke depannya kami berharap dengan solusi serta keunggulan dari produk-produk yang kami miliki, mampu menjawab tantangan yang dihadapi di dunia konstruksi khususnya dalam penataan infrastruktur perkotaan sehingga dapat membantu membangun bangsa lebih baik lagi,” tutup Marcelo.

Saat ini proses revitalisasi kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta tengah memasuki tahap akhir dan diharapkan dapat selesai tepat waktu dan siap untuk menyambut ajang olahraga terbesar di Asia.