Advertisement

Soal BUMN Fund, Taspen Jogja Serahkan Keputusan pada Pusat

Rheisnayu Cyntara
Sabtu, 07 Juli 2018 - 07:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Soal BUMN Fund, Taspen Jogja Serahkan Keputusan pada Pusat Logo Taspen - Bisnis Indonesia/Felix Jody Kinarwan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Terkait adanya perjanjian kerja sama (PKS) antara beberapa BUMN untuk mengucurkan BUMN Fund yang difokuskan untuk pendanaan proyek infrastruktur, PT Taspen Yogyakarta menyerahkan sepenuhnya pada kantor pusat. Baik terkait berapa besaran Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang akan diinvestasikan ataupun mekanisme yang akan diterapkan. 

Sebagaimana diketahui pada akhir Juni lalu, PT Asabri, PT Taspen, dan PT Jasa Raharja diajak oleh Kementerian BUMN untuk melakukan chip in dana pada tahap awal. Mereka menginvestasikan dana pada lembaga bentukan yang dinamai BUMN Fund yang bertugas mengelola dana pensiun dan asuransi pelat merah agar lebih optimal. 

Advertisement

Kepala Cabang PT Taspen Yogyakarta I Gde Agus Adisucipto mengatakan seluruh keputusan akan diambil di tingkat Pusat. Jika memang dianggap menguntungkan tentu saja, besaran investasi akan disesuaikan. Ia menyakini para pemegang keputusan mampu memilih dan memilah serta telah mempertimbangkan risiko serta keuntungan yang akan didapatkan. "Pada prinsipnya kami di daerah akan mematuhi apa-apa yang ditetapkan oleh Pusat," katanya kepada Harian Jogja, Jumat (6/7). 

Beberapa waktu yang lalu, Menteri BUMN Rini Soemarno menuturkan pendanaan melalui BUMN Fund harus segera dieksekusi mengingat tingginya kebutuhan pengerjaan proyek infrastruktur. BUMN Fund ini menurutnya bertujuan meminimalkan kerugian yang dialami perusahaan pelat merah ketika akan menggalang dana. 

"Salah satu sumber yang dapat dialirkan untuk investasi adalah dana pensiun. Pasalnya penyelenggara DPLK memiliki dana yang harus dikelola untuk memberikan manfaat tambahan pendapatan bagi penggunanya," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement