Advertisement

Baru Lulus Kuliah? Perlu Enggak Punya Asuransi?

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 10 Agustus 2018 - 15:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Baru Lulus Kuliah? Perlu Enggak Punya Asuransi? Ilustrasi asuransi. - orixinsurance.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Memiliki asuransi setelah lulus kuliah ternyata banyak manfaat. Melalui langkah ini, Anda tidak hanya melindungi diri sendiri saat sakit tetapi juga berinvestasi untuk kebutuhan di masa depan.

Mendapatkan pekerjaan untuk pertama kali setelah lulus kuliah tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Biasanya, Anda akan traktir teman-teman di mal atau restoran, bukan? Tak masalah merayakan kebahagiaan bersama teman-teman, tapi ingat ya, saat Anda masuk dunia kerja, saat itu pula harus bijak mengatur keuangan, termasuk asuransi. Anda bisa mulai dengan asuransi kesehatan.

Advertisement

Menurut survei yang dilakukan oleh The Harris Poll, sebuah lembaga survei dari Amerika Serikat yang melakukan survei mengenai asuransi dan angkatan kerja, 1 dari 5 orang usia 18-36 tahun tidak memiliki asuransi kesehatan karena menganggap premi asuransi mahal.

Bahkan, survei yang sama yang dilakukan oleh InsuranceQuote.com, sebuah web keuangan terkemuka menyatakan, kelompok umur 18-29 tahun kebanyakan tidak memiliki asuransi kesehatan tetapi lebih memilih asuransi lain seperti asuransi mobil.

Menerapkan gaya hidup sehat dan selalu berpikir positif memang menjadi kunci supaya kita jauh dari penyakit. Tapi, proteksi untuk kesehatan kita sendiri sangat penting, lho, karena risiko bisa datang kapanpun.

Nah, ini dia alasan kenapa kamu harus segera punya asuransi kesehatan menurut Bhinneka Life dalam siaran persnya.

1. Tekanan kerja picu tingkat stres

Tuntutan kerja saat ini semakin tinggi, sehingga seringkali kita bekerja hingga larut (long hours) dan lupa istirahat.

Tekanan kerja yang tinggi tanpa diimbangi istirahat yang cukup juga memicu stres yang menjadi sumber beragam penyakit. Tentu kita harus bisa mengontrol stres dengan baik dan menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Dengan proteksi yang baik, Anda akan tetap merasa aman ketika risiko terjadi.

2. Gaya hidup tidak sehat

Anda pasti sering makan di sebuah restoran enak bersama teman-teman kantor. Namun, sadarkah kamu bahwa apa yang kamu konsumsi itu belum tentu sehat. Seringnya ajakan makan dengan gizi tidak seimbang atau clubbing, lama kelamaan akan mempengaruhi kesehatan.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, 60% kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit tidak menular (PTM) seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, gangguan ginjal dan lain-lain.

Sudah pasti harus terus hidup sehat. Tapi, secara bersamaan, kita juga harus melindungi diri dari risiko-risiko penyakit berbahaya tersebut dengan asuransi yang berasal dari perusahaan asuransi terpercaya.

3. Agar tak mengganggu keuangan kamu

Kita tidak ingin risiko dalam hidup terjadi. Tapi seandainya terjadi dan harus dirawat di Rumah Sakit, kita tak perlu khawatir karena kita telah terporteksi oleh asuransi kesehatan. Direktur Utama Bhinneka Life, Wiroyo Karsono menjelaskan masyarakat sebaiknya memilih produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak memberatkan para nasabahnya.

“Ketika dirawat di Rumah Sakit, misalnya, pilih perusahaan asuransi yang memberikan bantuan maksimal. Seperti Bhinneka Life yang menerapkan sistem cashless. Nasabah yang menjalani perawatan di rumah sakit rekanan, tidak perlu mengeluarkan biaya rumah sakit. Namun, jika mereka menjalani perawatan di rumah sakit non-rekanan, mereka bisa reimburse dengan proses cepat. Kami menyebutnya express claim, yaitu proses klaim dalam satu hari,” ujar Wiroyo.

4. Manfaat Investasi

Dengan berasuransi, sebenarnya kamu juga bisa mengambil manfaat investasinya sekaligus. Jadi, dengan membayar premi secara berkala setiap bulan, disamping mendapatkan perlindungan kesehatan, di kemudian hari uang yang Anda tanamkan bisa tumbuh.

5. Plafond asuransi kesehatan kantor mungkin tidak besar

Meski Anda adalah anak baru di kantor, Anda pasti juga sudah mendapatkan asuransi dari kantor. Tapi, apakahplafond asuransi kantor itu cukup untuk biaya kesehatan ketika terjadi risiko? Belum tentu!

Agar kamu bisa mendapatkan pelayanan dan perlindungan yang maksimal, selain asuransi dari kantor, tidak ada salahnya jika kamu punya satu lagi asuransi kesehatan yang membolehkan double klaim. Sehingga keduanya bisa saling melengkapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement