Advertisement

Smart City di Tangerang Gandeng Mitra Dari Jogja

Rheisnayu Cyntara
Sabtu, 13 Oktober 2018 - 07:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Smart City di Tangerang Gandeng Mitra Dari Jogja Penandatanganan MOU antara The Joedo Center dengan Puspiptek disaksikan Menristekdikti Mohammad Nasir (dua kiri) untuk mendirikan Rumah Kreatif Nusantara di GIPTI (Galeri Ilmu Pengetahuan Teknologi & Inovasi), di BSD Tangerang, Kamis (4/10). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) yang berada di bawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi membangun GIPTI (Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi) di area BSD City Tangerang. GIPTI merupakan rintisan integrated smart digital city yang telah digagas sejak 1980.

Sebagai langkah awal, pada Kamis (4/10) lalu dilakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama untuk pembangunan kawasan GIPTI oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir. Ia menjelaskan proyek kolaborasi antara Puspiptek dan Sinarmas Land ini dibangun di atas tanah seluas 15 hektare dan akan dijadikan sebagai kawasan technopolis dan National Science and Technology Park. Kawasan ini nantinya tidak hanya berfokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan iptek, tetapi juga sebagai pusat pengembangan produk nasional, pertumbuhan kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, informasi iptek, dan pelatihan sdm yang ditargetkan dapat beroperasi pada Juni 2019 mendatang.

Advertisement

Saat ini, GIPTI telah memiliki tiga gerai, yaitu Purwadhika dari Jakarta untuk Digital Innovation Lab; Walden Global Services dari Bandung untuk Software QA Centre dan The Joedo Center dari Yogyakarta untuk Creative Hub. Direktur The Joedo Center, Hanitianto Joedo mengatakan keberadaannya di kawasan GIPTI dengan nama The Hub akan menjadi showcase, inisiator, fasilitator dan mediator bagi produk dan karya pelaku kreatif dari seluruh Indonesia, terutama dari Jogja. "Bahkan nantinya The Hub ini akan dibuat sebagai “Jogja embassy”," katanya dalam rilis, Jumat (12/10).

Joedo menyebut saat ini The Joedo Center sedang melakukan persiapan dengan menggandeng beberapa mitra dari Jogja. Seperti Gamatechno, Jogja Media Net, One Week Wonders, Garuda 45 Venture dan lain sebagainya untuk mendukung kegiatan di area GIPTI tersebut. The Hub nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk bekerja, pertemuan, dan pameran, yang dilengkapi dengan kafe dan media centre untuk video conference, sehingga dapat menjadi one stop business di area Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD Tangerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement