Advertisement

Landasan Terkikis, Adisutjipto Sempat Ditutup 1 Jam

Rheisnayu Cyntara
Rabu, 28 November 2018 - 21:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Landasan Terkikis, Adisutjipto Sempat Ditutup 1 Jam Ilustrasi Bandara Adisutjipto, Jogja. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Intensitas hujan yang tinggi yang terjadi selama tiga hari belakangan di wilayah Jogja, memicu terkikisnya permukaan aspal sehingga menimbulkan weak spot di area Airside Bandara Internasional Adisutjipto. Landasan pacu sempat ditutup selama kurang lebih satu jam guna dilakukan runway maintenance pada Rabu (28/11)

Titik terkikisnya permukaan landasan pacu tepatnya berada di 450 meter dari runway 09 (timur), 200 meter dari touchdown area dan 50 meter dari S2. Kondisi tersebut pertama kali diketahui oleh petugas ATC sekitar pukul 12.00 WIB yang melaporkannya kepada petugas Teknik Bandara Adisutjipto. Menindaklanjuti hal tersebut, Petugas Teknik Bandara langsung menuju ke lokasi untuk melakukan perawatan dan perbaikan di area tersebut sehingga landasan dapat digunakan lagi pukul 12.55 WIB.

Advertisement

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan segera merespons kondisi tersebut dengan menutup landasan pacu sehingga segera dapat dilakukan runaway maintenance. Ia membenarkan ada sembilan penerbangan yang tertunda akibat penutupan landasan pacu ini, yakni Air Asia tujuan Cengkareng-Jogja, Batik Air tujuan Halim Perdana Kususma-Jogja, Airasia tujuan Kuala Lumpur-Jogja, Garuda Indonesia tujuan Cengkareng-Jogja, Air Asia dari Singapura, Lion Air dari Pekanbaru, Xpress Air tujuan Jogja-Pontianak, Lion Air tujuan Jogja-Banjarmasin dan Nam Air tujuan Jogja-Palembang.

Pandu menuturkan dalam menghadapi musim hujan ini, demi meningkatkan keselamatan dan kenyamanan penerbangan, PT Angkasa Pura I (Persero) akan terus mengawasi dan memelihara. Terutama di airside karena area tersebut merupakan wilayah pergerakkan pesawat. "Saat ini kegiatan operasional penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto Jogja sudah kembali berjalan lancar dan normal," katanya dalam keterangan tertulis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KPU Kota Jogja Siap Merekrut PPK-PPS untuk Pilkada 2024, Cek Caranya

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement