AP I Buka Rute Baru Xpress Air Jogja-Samarinda

AP I Buka Rute Baru Xpress Air Jogja-Samarinda Para penumpang penerbangan perdana Xpress Air XT 761 dengan rute Jogja-Samarinda berfoto bersama sebelum take off di Bandara Internasional Adisutjipto, Sabtu (8/12). - Ist./Angkasa Pura I
10 Desember 2018 10:30 WIB Holy Kartika Nurwigati Ekbis Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Mengakomodasi tingginya permintaan penerbangan ke Jogja, PT Angkasa Pura I kembali menyediakan satu penerbangan baru, Jogja-Samarinda. Rute ini mulai dioperasikan Xpress Air pada Sabtu (8/12).

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Agus Pandu Purnama mengungkapkan penerbangan ini akan dilayani setiap Selasa, Kamis dan Sabtu pada pukul 10.45 WIB. "Kami menyambut baik rute penerbangan baru Xpress Air ini. Diharapkan penerbangan ini dapat memberikan alternatif pilihan waktu bagi penumpang," ujar Pandu.

Pandu memaparkan Xpress Air XT 761 ini menggunakan pesawat Boeing 737-300 yang dapat menampung penumpang hingga 140 penumpang setiap harinya. Tak hanya dapat menjadi alternatif pilihan bagi penumpang, diharapkan juga dapat melayani penumpang yang hendak datang dan pergi dari Jogja dan Samarinda.

Selama ini, penumpang asal Samarinda yang akan menuju Jogja harus melakukan penerbangan transit lebih dahulu. Namun, dengan dibukanya rute baru ini, kata Pandu, penumpang dapat langsung terbang menuju Jogja. Pandu memaparkan mengungkapkan penerbangan perdana tujuan Jogja-Samarinda, load factor atau tingkat keterisian pesawat mencapai 70%.

"Ini membuktikan bahwa rute tersebut cukup diminati oleh masyarakat. Semoga rute penerbangan baru ini selanjutnya dapat mengakomodasi kebutuhan dan permintaan masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dari dan ke Samarinda," jelas Pandu.

Pandu menjelaskan penambahan slot penerbangan baru tersebut telah mengantongi izin dari Dirjen Perhubungan Udara. Manajemen PT Angkasa Pura I selaku pengelola bandara juga akan mengawal penambahan rute perdana Jogja-Samarinda.

Lebih lanjut Pandu berharap semoga dengan adanya penambahan rute perdana penerbangan langsung ini benar-benar dapat menambah manfaat bagi penumpang. Baik dari segi alternatif waktu, ketersediaan seat hingga pelayanannya.

"Manajemen akan terus memastikan bahwa penumpang akan mendapatkan pelayanan yang terbaik serta penerbangan yang aman dan nyaman," papar Pandu.