Advertisement

Pembiayaan Mikro dengan Uang Elektronik Diujicoba di 5 Provinsi, Termasuk DIY

Nina Atmasari
Rabu, 12 Desember 2018 - 16:18 WIB
Nina Atmasari
Pembiayaan Mikro dengan Uang Elektronik Diujicoba di 5 Provinsi, Termasuk DIY Bakpia Lestari di Yogyakarta, salah satu

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Menteri Keuangan dan Menteri Komunikasi dan Informatika melakukan kegiatan “Peluncuran Uji Coba Program Digital Pembiayaan Ultra Mikro (UMi)” di Jakarta, pada Selasa (11/12/2018).

Melalui digitalisasi Pembiayaan UMi, debitur yang selama ini menerima penyaluran secara cash diberikan alternatif untuk memanfaatkan platform digital kekinian Uang Elektronik (UNIK).

Advertisement

Debitur yang memilih metode cashless dapat memanfaatkan platform dan teknologi UNIK yang dimiliki oleh Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Uji coba digitalisasi Pembiayaan UMi dilaksanakan oleh BLU Pusat Investasi Pemerintah (PIP) bekerja sama dengan BLU Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).

Mereka menjalin kerja sama dengan tiga platform Penyelenggara Uang Elektronik dan 1 platform marketplace yaitu: PT. Dompet Anak Bangsa (GoPay), PT. Telekomunikasi Selular (T-Cash), PT. Telekomunikasi Indonesia (T-Money), dan PT. Bukalapak.com (BukaLapak.com).

Uji coba akan dilaksanakan dalam waktu satu tahun ke depan. Dalam periode tersebut, pemerintah akan terus memantau pelaksanaan Pembiayaan UMi secara cashless ini meliputi aspek antara lain tingkat acceptance debitur terhadap program dan pola transaksi Debitur Pembiayaan UMi.

Dalam kegiatan tersebut diadakan video conference dengan lima daerah yang tersebar di lima provinsi di Indonesia, yaitu Medan, Semarang, Yogyakarta, Probolinggo, dan Lombok timur.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan DIY, Heru Pudyo Nugroho, dalam video conference yang dilaksanakan secara langsung tersebut memantau dan melaporkan pelaksanaan uji coba penyaluran pembiayaan UMi melalui penggunaan uang elektronik di DIY.

Wakil debitur, yaitu Aminah, pemilik Bakpia Lestari telah berhasil memperoleh pembiayaan UMi dari Koperasi Tamzis yang dicairkan melalui T-Money. Selain itu, kegiatan transaksi berupa pembelian di Bakpia Lestari oleh salah seorang pembeli juga telah berhasil dilakukan menggunakan UNIK. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Kulonprogo Menurun 26 Persen Selama Libur Lebaran 2024

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement