Advertisement

Menhub Jamin Kereta Tambahan Tak Ganggu Jadwal Kereta Reguler

Newswire
Sabtu, 22 Desember 2018 - 06:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Menhub Jamin Kereta Tambahan Tak Ganggu Jadwal Kereta Reguler Ilustrasi. - Bisnis Indonesia/Felix Jody Kinarwan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta reguler tidak terganggu dengan keberadaan kereta tambahan terkait adanya tambahan rangkaian yang dilakukan PT KAI menghadapi libur Natal dan Tahun Baru.

"KAI akan secara rinci minta ke Kemenhub untuk bisa menambah jadwal dan setelah itu Kemenhub akan melihat apakah masih ada slot atau tidak. Jadi tidak mungkin KAI akan menambah kereta tambahan kalau tidak ada slot," kata Menhub Budi Karya kepada pers di Stasiun Pasar Senen Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Advertisement

Dia mengatakan kondisi jalur kereta api di Jakarta memang sangat padat karena selain dilalui oleh kereta jarak jauh, juga dilalui oleh kereta komuter yang jumlahnya setiap hari juga sangat banyak.

Akibatnya, katanya, jalur kereta api di Jakarta ramai dan banyak kereta yang harus bergantian untuk melintas sehingga membutuhkan waktu menunggu lebih lama.

Untuk itu, kata Menhub, pemerintah telah menambah jalur kereta tambahan di Stasiun Manggarai sehingga nanti akan ada jalur khusus untuk kereta jarak jauh dan kereta komuter.

Melihat padatnya jalur kereta api di dan menuju Jakarta, Menhub minta kembali ke PT KAI untuk rutin melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) agar tidak bermasalah saat beroperasi.

"Sebab kalau satu kereta ada bermasalah saat beroperasi maka rentetan kereta api yang di belakang dan di depan akan bermasalah juga," kata Budi Karya.

Menghadapi angkutan Natal dan Tahun Baru 2018/2019, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menetapkan angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018/2019 selama 18 hari, yakni dari 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.

Dari aspek sarana KA, tahun ini KAI menyiagakan 444 unit lokomotif dan satu unit lokomotif cadangan, serta 1.637 unit kereta dan 218 unit kereta cadangan.

Sementara untuk jumlah KA, tahun ini KAI menyiapkan 346 perjalanan KA reguler serta 48 perjalanan KA tambahan untuk melayani masyarakat yang ingin menggunakan jasa KA pada masa liburan akhir tahun kali ini.

Sehingga total jumlah KA yang siap melayani masyarakat pada masa angkutan Nataru kali ini adalah 394 perjalanan KA. Jumlah ini meningkat lima persen dibanding masa angkutan Nataru tahun lalu, yakni sebesar 375 perjalanan KA (335 KA reguler dan 40 KA tambahan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri Hari Ini, Cek Lokasi dan Tarifnya di Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement