Advertisement

Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Adisutjipto Tumbuh 4,18%

Holy Kartika Nurwigati
Selasa, 25 Desember 2018 - 05:17 WIB
Nina Atmasari
Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Adisutjipto Tumbuh 4,18% Apel Pembukaan Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru 2019 di area Pelataran Gedung PKP-PK Bandara Internasional Adisutjipto, Kamis (20/12/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Memasuki libur panjang Natal, Bandara Internasional Adisutjipto mencatatkan pertumbuhan penumpang yang mencapai 4,18%. Peningkatan jumlah penumpang di bandara ini terpantau sejak H-3, yakni mulai Sabtu (22/12/2018).

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Agus Pandu Purnama mengungkapkan pengguna jasa transportasi udara di momen liburan Natal menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Advertisement

"Momen libur panjang ini, kami mencatat lonjakan penumpang yang menggunakan angkutan udara. Pada H-3 yakni Sabtu, jumlah penumpang mencapai 27.301 orang dan ada 185 pergerakan pesawat," ujar Pandu, Senin (24/12/2018).

Menghadapi momen libur panjang nasional ini, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto terus berupaya memaksimalkan pelayanan guna memberikan kenyamanan bagi pengguna jasa di bandara.

Menyambut wisatawan yang datang untuk menghabiskan Natal di Jogja, PT Angkasa Pura I menghiasai Bandara International Adisutjipto dengan berbagai hiasan dan ornamen khas Natal.

Transportasi udara di bandara ini terus diminati, sejalan dengan kota wisata yang disandang Jogja. Pandu memaparkan peningkatan jumlah pengguna angkutan udara ini salah satu penyebabnya adalah tren di masyarakat yang cenderung mengutamakan efektivitas waktu,

"Sehingga sebagian besar memilih menggunakan transportasi udara, bahkan pada saat musim libur panjang seperti saat ini," jelas Pandu.

Pelayanan utama dalam menghadapi arus libur panjang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, diupayakan dengan dioperasikannya Posko Angkutan Udara Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Angkasa Pura I mengerahkan sedikitnya 112 personil yang terdiri dari 50 tim personil gabungan, serta 62 personil PT Angkasa Pura I di area Lobby Terminal A dan area parkir Terminal B yang akan berlangsung hingga 6 Januari 2019.

"Diprediksi akumulasi pertumbuhan penumpang hingga 7,28 persen dibandingkan dengan tahun 2017, yakni sejumlah 477.972 penumpang melalui Bandara Internasional Adisutjipto," papar Pandu.

Terkait erupsi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Rio Hendarto Budi Santoso mengungkapkan penerbangan dengan rute Jogja-Lampung masih beroperasi normal. "Penerbangan ke Lampung, aman-aman saja," ujar Rio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement