Mulai 1 Februari, KA Joglosemarkerto Bakal Sampai Stasiun Prupuk Tegal

Mulai 1 Februari, KA Joglosemarkerto Bakal Sampai Stasiun Prupuk TegalDirektur SDM dan Umum PT KAI Persero R. Ruly Adi mengucurkan air dari kendi ke KA Joglosemarkerto yang baru diluncurkan di Stasiun Purwokerto, Jateng, Sabtu (1/12 - 2018). (Antara/Sumarwoto)
26 Januari 2019 10:17 WIB Farida Trisnaningtyas Ekbis Share :

Harianjogja.com, SOLO -- Kereta Api (KA) Joglosemarkerto rupanya banyak peminatnya. Karenanya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah panjang rute kereta ini mulai 1 Februari mendatang sampai ke Stasiun Prupuk Tegal.

Hal ini untuk menjawab tingginya animo masyarakat menaiki KA trans Jawa Tengah ini. Total ada enam relasi KA Joglosemarkerto yang berhenti di Stasiun Prupuk, yakni tiga perjalanan tujuan Semarang serta tiga perjalanan tujuan Purwokerto sampai Solo.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan penambahan stasiun pemberhentian KA Joglosemarkerto ini sejalan dengan kembali diaktifkannya Stasiun Prupuk, Tegal, sejak 18 Oktober 2018 lalu.

Di samping itu, ini berbanding lurus dengan antusiasme masyarakat menggunakan KA yang menghubungkan jalur pantai utara dan pantai selatan Jateng.

“Bertambahnya stasiun pemberhentian semakin bisa menjangkau masyarakat di sejumlah wilayah,” paparnya, Jumat (25/1/2019).

Sebelumnya, PT KAI sempat menutup akses layanan pemesanan KA Joglosemarkerto untuk keberangkatan 1 Februari 2019 terkait penambahan stasiun pemberhentian pada 21 Januari 2019 lalu. Namun demikian, layanan ini dibuka kembali pada Kamis (24/1/2019).

KA Joglosemarkerto ini ada delapan relasi, masing-masing berangkat dari Solo, Semarang, dan Purwokerto. Setiap perjalanan KA Joglosemarkerto menggunakan dua kereta eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk dan tujuh kereta ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk.

Relasi Solo-Tegal-Solo berangkat dari Stasiun Solo Balapan pukul 06.00 WIB lewat Jojga, Purwokerto, Tegal (Stasiun Prupuk), kembali ke Solo, lewat jalur utara seperti Pekalongan, Semarang, Brumbung, terakhir Solo Balapan.

Manajer Humas PT KAI Daops V/Purwokerto, Supriyanto, dalam rilisnya menyebut setelah lama tidak disinggahi untuk naik/turun penumpang, mulai 18 Oktober 2018 sudah banyak kereta api yang berhenti di Stasiun Prupuk.

“Tiga perjalanan KA Joglosemarkerto tujuan Semarang serta tiga perjalanan tujuan Purwokerto sampai Solo yang berhenti. Dengan demikian, penumpang dari dan menuju Prupuk, bisa langsung mencari relasi Stasiun Prupuk,” jelasnya.



Sumber : Solopos.com