Advertisement

IDE BISNIS: Gampang-Gampang Susah Bikin Usaha Sampingan Sambil Kerja Kantoran

Asteria Desi Kartika Sari
Jum'at, 01 Februari 2019 - 09:35 WIB
Maya Herawati
IDE BISNIS: Gampang-Gampang Susah Bikin Usaha Sampingan Sambil Kerja Kantoran Ilustrasi - Surepayroll

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Gaya hidup yang semakin kompleks atau kebutuhan yang semakin tinggi, membuat pekerja terus memunculkan ide kreatif untuk membuat usaha baru. Sekalipun itu orang yang sudah bekerja.

EVP, Head of Wealth Management & Client Growth Commonwealth Bank Ivan Jaya mengatakan terdapat beberapa hal yang hatus diperhatikan dalam mendirikan bisnis sampingan sambil bekerja.

Advertisement

Dia merekomendasikan untuk membangun bisnis yang telah dikuasi atau telah menjadi hobi, serta modal yang tidak terlalu besar. "Untuk mendapatkan modal bisa dari menyisihkan 10% dari pendapatan sebagai karyawan, di samping 20% yang dialokasikan untuk investasi pribadi atau dana cadangan," kata Ivan kepada Bisnis dikutip (25/1/2019).

Tak kalah penting, pisahkan rekening keuangan untuk bisnis dari rekening pribadi. Menurutnya, hak tersebut penting supaya pemasukan dan pengeluaran tercatat dengan baik.

Bisnis sambil bekerja menjadi salah satu solusi agar arus keuangan tetap dapat berjalan. Jika berniat untuk berhenti bekerja karyawan, paling tidak memiliki dana cadangan sebesar 3-6 kali pengeluaran bulanan.

Sementara dari sisi risiko, lanjutanya, kerugian finansial dapat disebabkan berbagai macam hal seperti rencana bisnis yang kurang tereksekusi dengan sempurna, sehingga tidak memberikan pendapatan yang ditargetkan.

Selain itu, dia mengatakan menjadi pebisnis harus siap melepas segala macam fasilitas yang didapat sebagai karyawan. Misalnya, fasilitas kesehatan, pinjaman lunak dari perusahaan, dan juga waktu yang teratur. " Karena sebagai pebisnis awal segala macam pekerjaan mulai dari operasional, pemasaran, pengadaan barang dilakukan sendiri," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement