IDE BISNIS: Gampang-Gampang Susah Bikin Usaha Sampingan Sambil Kerja Kantoran

IDE BISNIS: Gampang-Gampang Susah Bikin Usaha Sampingan Sambil Kerja KantoranIlustrasi - Surepayroll
01 Februari 2019 09:35 WIB Asteria Desi Kartika Sari Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Gaya hidup yang semakin kompleks atau kebutuhan yang semakin tinggi, membuat pekerja terus memunculkan ide kreatif untuk membuat usaha baru. Sekalipun itu orang yang sudah bekerja.

EVP, Head of Wealth Management & Client Growth Commonwealth Bank Ivan Jaya mengatakan terdapat beberapa hal yang hatus diperhatikan dalam mendirikan bisnis sampingan sambil bekerja.

Dia merekomendasikan untuk membangun bisnis yang telah dikuasi atau telah menjadi hobi, serta modal yang tidak terlalu besar. "Untuk mendapatkan modal bisa dari menyisihkan 10% dari pendapatan sebagai karyawan, di samping 20% yang dialokasikan untuk investasi pribadi atau dana cadangan," kata Ivan kepada Bisnis dikutip (25/1/2019).

Tak kalah penting, pisahkan rekening keuangan untuk bisnis dari rekening pribadi. Menurutnya, hak tersebut penting supaya pemasukan dan pengeluaran tercatat dengan baik.

Bisnis sambil bekerja menjadi salah satu solusi agar arus keuangan tetap dapat berjalan. Jika berniat untuk berhenti bekerja karyawan, paling tidak memiliki dana cadangan sebesar 3-6 kali pengeluaran bulanan.

Sementara dari sisi risiko, lanjutanya, kerugian finansial dapat disebabkan berbagai macam hal seperti rencana bisnis yang kurang tereksekusi dengan sempurna, sehingga tidak memberikan pendapatan yang ditargetkan.

Selain itu, dia mengatakan menjadi pebisnis harus siap melepas segala macam fasilitas yang didapat sebagai karyawan. Misalnya, fasilitas kesehatan, pinjaman lunak dari perusahaan, dan juga waktu yang teratur. " Karena sebagai pebisnis awal segala macam pekerjaan mulai dari operasional, pemasaran, pengadaan barang dilakukan sendiri," katanya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia