Advertisement

Harper Mangkubumi Gelar Pelatihan Penanganan Kebakaran

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 04 Februari 2019 - 20:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Harper Mangkubumi Gelar Pelatihan Penanganan Kebakaran Staf Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta mendapat pelatihan cara memadamkan kebakaran, Sabtu (2/2/2019) - Harian Jogja/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta bekerja sama dengan Pathigeni Yogyakarta baru saja mengadakan pelatihan kebakaran, Sabtu (2/2/2019). Kegiatan yang bertujuan sebagai upaya pemeliharaan sarana proteksi aktif yang terpasang pada bangunan ini diikuti oleh seluruh staf Hotel Harper Mangkubumi.

Kegiatan yang diadakan rutin setiap tahun ini, diawali dengan pemberian materi oleh perwakilan dari Pathigeni Yogyakarta mengenai api dan bagaimana cara memadamkan api serta penjelasan mengenai jalur dan alur evakuasi saat kebakaran terjadi.

Advertisement

Setelah itu, staf hotel diajak untuk ke lapangan parkir Hotel Harper untuk melakukan training simulasi dan training memadamkan api dengan berbagai jenis APAR atau alat pemadam api ringan. 

“Setiap jenis api berdasarkan bahan bakarnya, yakni api pepejal, api cecair, api gas, serta api panel listrik, memiliki cara pemadaman yang berbeda-beda. Api pepejal akan padam bila dipadamkan menggunakan air. Api cecair harus dipadamkan dengan serbuk, buih, CO2, halon. Api gas dapat dipadamkan dengan serbuk kering, dan halon. Sedangkan api panel listrik tepat dipadamkan dengan menggunakan clean agent maupun serbuk,” ungkap Rawat Mustofa selaku Chief Engineering Hotel Harper Mangkubumi, dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Senin (4/2/2019). 

Dalam sesi penanggulangan api, para staf diajak untuk memadamkan api menggunakan alat-alat pemadam kebakaran ringan, mulai karung goni basah, APAR halon dan APAR Co2.

Wawan Eza Sukmawan selaku General Manager Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta, mengungkapkan betapa pentingnya pemberitahuan dan pembekalan mengenai api kepada para stafnya.

“Perlindungan terhadap api sangat penting, hal ini dikarenakan pelayan terhadap tamu hotel juga meliputi perlindungan terhadap keselamatan tamu. Maka dari itu, seluruh karyawan Harper Mangkubumi Yogyakarta dituntut untuk memiliki ilmu dan skill dalam pemadaman api. Hal ini ditujukan agar seluruh tamu merasa nyaman dan dapat merasakan Delightful Moment of Heartfelt Service yang merupakan pedoman dan kunci sukses perusahaan,” kata Wawan.

Dari kegiatan ini, diharapkan para staf Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta memiliki pengetahuan dalam penanganan terjadinya bencana kebakaran serta sebagai antisipasi agar bencana kebakaran tidak terjadi dengan senantiasa melakukan pengecekan peralatan serta bahan-bahan yang mudah terbakar secara berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Keripik Belut Jadi Favorit Saat Lebaran, Produsen di Sleman Jual hingga 7 Kuintal

Sleman
| Selasa, 16 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement