Mahir Jadi Foodgrammer Bersama Harian Jogja di Artotel

Mahir Jadi Foodgrammer Bersama Harian Jogja di ArtotelWorkshop Mahir Jadi Foodgrammer dalam Sehari Bersama Harian Jogja di Hotel Artotel Jogja, Sleman, Minggu (24/3/2019). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
24 Maret 2019 18:47 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Makin banyaknya masyarakat yang eksis sebagai warganet membentuk kebiasaan baru, yakni mengunggah foto makanan ke akun medsos. Banyak foodgrammer yang menjadi referensi masyarakat ketika ingin berburu kuliner lantaran unggahan foto ciamik yang menggugah selera.

Oleh karena itu, Harian Jogja menggelar workshop Mahir Jadi Foodgrammer dalam Sehari Bersama Harian Jogja di Hotel Artotel Jogja, Sleman, Minggu (24/3/2019). Workshop ini diisi oleh fotografer Harian Jogja Desi Suryanto.

Desi mengatakan saat ini perkembangan fotografi sangat pesat. Setiap orang bisa menjadi fotografer. “Hampir setiap orang punya ponsel berkamera. Pasti ada pengalaman memotret yang dilakukan untuk apa saja. Saat ini misalnya untuk motret makanan,” kata dia,

Guna menghasilkan foto yang bagus, menurut Desi, seseorang harus tahu bagaimana sebuah makanan disajikan. Apakah makanan itu disajikan panas atau dingin sehingga bisa menghasilkan potret yang sesuai.

“Pas motret harus pas. Ketika panas diusahakan kelihatan asapnya. Kalau dingin ya ada efek embun misalnya di gelasnya bisa kelihatan,” kata dia.

Selain itu, untuk menonjolkan detail makanan, seseorang bisa menggunakan teknik cahaya samping saat memotret. Teknik cahaya samping ini bisa dilakukan dengan memotret di samping jendela, memakai senter, ataupun lampu belajar.

Ketua Panitia Penyelenggara Laila Rochmatin mengungkapkan acara ini digelar juga untuk semakin mengenalkan Harian Jogja kepada kalangan milenial. Ia mengatakan ada 35 peserta yang meramaikan acara ini. Diharapkan dengan ilmu yang didapat ini para peserta semakin andal dalam memotret. Mahir memotret dan menjadi foodgrammer bisa menjadi peluang bisnis yang besar.

Marketing Communication Artotel Jogja Tities Oktavianingrum Kristianty mengaku sangat mendukung kegiatan yang diinisasi Harian Jogja. Melalui kegiatan ini Artotel Jogja juga berharap semakin dikenal oleh masyarakat.

“Manajemen ingin lebih dekat dengan audiens dan pasar DIY. Audiens akan lebih tahu soal restoran ini juga,” kata dia.

Dalam kesempatan ini, Artotel Jogja memberikan pengetahuan tentang cara membuat mayones, foodstylist, dan demo membuat cocktail di Slide Bar. Adapun Slide Bar merupakan salah satu fasilitasi terbaru dari Artotel Yogyakarta. Berada di dekat Roca Restaurant, lokasi ini diharapkan dapat menjadi alternatif bagi warga Jogja untuk bersantai.