Ternyata, Berutang Lewat Aplikasi Pinjaman Uang Online Gampang dan Aman!

 Ternyata, Berutang Lewat Aplikasi Pinjaman Uang Online Gampang dan Aman!Ilustrasi. - Ist
26 April 2019 06:37 WIB Nina Atmasari Ekbis Share :

Butuh uang cepat akan membuat orang kalang kabut mencari pinjaman hingga terpaksa meminjam kepada rentenir. Tapi, nggak usah khawatir. Seiring berkembangnya teknologi, pinjaman uang gampang didapatkan dengan gampang dan aman. Coba deh, kamu lakukan pinjaman uang online melalui aplikasi.

Ciri Aplikasi Pinjaman Uang Online yang Aman

Pinjaman online memang sedang menjamur di Indonesia, tapi bukan berarti kamu bisa sembarang memilih. Kamu harus memperhatikan aplikasi uang online yang tepercaya dan aman dengan beberapa ciri berikut ini.

Lembaga Pinjaman Terdaftar di OJK

Penting bagi kamu untuk mewaspadai aplikasi pinjam online yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini dapat menentukan status resmi atau tidaknya sebuah aplikasi pinjam online tersebut. Jika terdaftar pada OJK, maka kamu tidak lagi perlu khawatir karena seluruh data kamu akan dilindungi dan tidak akan disalahgunakan.

Jangan langsung percaya terhadap pihak-pihak nakal yang mengaku aplikasi pinjaman online miliknya telah resmi terdaftar di OJK. Kamu bisa cek sendiri di website resmi miliki OJK yang berisi daftar perusahaan fintech yang legal dan ilegal. Kredivo adalah salah satu lembaga pinjaman online yang resmi terdaftar pada OJK, sehingga terjamin keamanannya
 
Bunga dalam Batas Wajar

Selain itu, kamu juga perlu memperhitungkan besar bunga yang dikenakan pada jumlah pinjaman. Jika bunga yang dikenakan terlalu tinggi sehingga tidak wajar, maka berhati-hatilah dan segera cari aplikasi pinjaman lainnya yang bisa dipercaya. Kamu bisa menjadikan bunga yang berlaku di sebuah bank sebagai acuan untuk membandingkan bunga yang ditetapkan oleh pihak aplikasi pinjaman uang online.

Besaran bunga di bank berkisar 0,7% hingga 2% per bulannya. Apabila bunga perusahaan pinjaman online mengenakan bunga hingga 1% per hari alias 30% per bulan, urungkan segera niatmu, karena hal tersebut sudah tidak masuk akal. Pilih yang bunganya tak jauh dari besaran bunga konvensional, seperti Kredivo misalnya, yang hanya mengenakan bunga 2,95% per bulan untuk pinjaman uang online.

Punya Alamat Kantor, Email dan Nomor Telepon Jelas

Hindari aplikasi pinjaman online yang tidak memiliki alamat kantor secara jelas, email, serta nomor telepon yang tidak bisa dihubungi. Hal ini sudah jelas bahwa aplikasi tersebut tidak bisa dipercaya dengan mencantumkan nomor palsu dan email palsu. Biasanya penawaran yang seperti ini juga berlaku melalui SMS maupun pesan WhatsApp.

Mekanisme Peminjaman Transparan

Aplikasi pinjaman online yang telah terdaftar di OJK tentu akan memiliki rincian yang transparan mengenai prosedur peminjaman. Maka, kamu tidak perlu lagi bingung biaya apa saja yang dipotong nantinya. Setelahnya kamu tidak akan merasa dirugikan karena telah mengetahui apa saja risiko yang akan terjadi setelah transaksi. Jangan khawatir, seluruh simulasi pinjaman, termasuk bunga dan biaya tambahan yang dikenakan, akan ditampilkan secara transparan di dalam aplikasi sebelum kamu menyetujui perjanjian pinjaman. Jadi, tidak ada biaya tersembunyi.

Cara Mudah Mengajukan Pinjaman Uang Online di Kredivo
Kredivo memang memiliki dua opsi kredit yang bisa dipilih oleh pengguna: Akun Basic, dan Akun Premium. Perbedaan dari keduanya terdapat pada bunga, limit kredit, dan tenor. Akun Premium memiliki limit lebih besar dan tenor lebih panjang, serta memungkinkan kamu mengambil dana segar melalui fitur Pinjaman Tunai.

Untuk Pinjaman Tunai, terdapat dua jenis pinjaman yang ada di Kredivo:

Pinjaman Jumbo
Pinjaman Jumbo menyediakan pinjaman dengan jangka waktu lebih panjang selama 3 bulan dan 6 bulan dengan sistem cicilan. Batas minimum Pinjaman Jumbo adalah Rp 1 juta. Sedangkan batas maksimal pinjaman tunai yang bisa diambil akan disesuaikan dengan limit tenor 6 bulan akun Kredivo-mu.
Misalnya sisa kredit limit 6 bulan pada akunmu adalah Rp 10 juta. Maka batas maksimum pinjaman tunaimu adalah Rp 10 juta. Apabila pinjamanmu disetujui, maka sisa limit kredit pada akun Kredivo-mu akan berkurang sebanyak pinjaman, dan akan kembali setelah pinjaman tunai sudah dilunasi sepenuhnya.

Pinjaman Mini
Pinjaman Mini menyediakan pinjaman tanpa agunan/jaminan dengan jangka waktu pendek selama 30 hari. Batas minimum Pinjaman Mini adalah Rp 500 ribu.
Pengajuan pinjaman dana tunai bisa dilakukan melalui aplikasi Kredivo. Kamu bisa klik Layanan, pilih Pinjaman Mini atau Pinjaman Jumbo, pilih salah satu tujuan pinjamanmu, tentukan besar pinjaman, dan klik “Lanjut”. Jangan lupa cek kembali detail rekening pengiriman dana, masukkan PIN Kredivo dan klik “Konfirmasi”.
Setelah itu, kamu akan diminta untuk melakukan login ke akun Kredivo-mu, dan mengisi nomor OTP yang telah dikirimkan sistem melalui SMS. Dana akan dikirimkan ke rekening dalam waktu 5 menit setelah pengajuan pinjaman dilakukan. Pastikan kamu menggunakan rekening pribadi dengan nama yang sesuai buku tabungan dan akun Kredivo-mu.
Bagaimana menurut kamu? Melakukan pinjaman uang online melalui aplikasi Kredivo ternyata gampang dan aman, bukan? Semoga artikel ini bermanfaat ya!.