Semua Penerbangan Tambahan saat Lebaran di Jogja Dialihkan ke Bandara Baru

Semua Penerbangan Tambahan saat Lebaran di Jogja Dialihkan ke Bandara BaruIlustrasi - Proses pengerjaan Bandara New Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, DIY, Rabu (24/4 - 2019).
06 Mei 2019 18:27 WIB Rinaldi Mohammad Azka Ekbis Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Penerbangan tambahan pada libur Lebaran 2019 di DIY dipastikan bakal dialihkan ke bandara baru di Kulonprogo.

Demi membantu Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta (YOG), PT Angkasa Pura I (Persero) akan memindahkan semua penerbangan tambahan atau extra flight menuju Yogyakarta ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Devy W. Suradji mengatakan, guna membantu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di Bandara Adisucipto, fasilitas Bandara YIA akan menampung seluruh penerbangan tambahan menuju Yogyakarta pada musim puncak Lebanran 2019.

"Semua extra flight lebaran masuknya ke YIA, jadi tidak masuk ke Adisucipto, setiap tahun biasanya ada tambahan 32 penerbangan, semoga 32 juga ya tahun ini," katanya saat menyambut penerbangan komersial pertama di Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, Senin (6/5/2019).

Kapasitas Bandara YIA sendiri mencapai 14 juta penumpang per tahun, sedangkan kapasitas Bandara Adisucipto Yogyakarta (YOG) hanya 1,8 juta penumpang per tahun. Adapun saat ini Bandara Adisucipto melayani hingga 8,4 juta penumpang per tahunnya.

Sebagai langkah awal, maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia melakukan penerbangan komersial perdana ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (6/5/2019).

Penerbangan QG 132 menggunakan armada Airbus A320 (PK-GQR) dengan 96 penumpang ini berangkat dari Bandara Halim Perdanakusumah (HLP) pada pukul 11.30 WIB dan tiba di YIA pukul 12.15 WIB.

Setiba di YIA, pesawat disambut water salute oleh 2 armada Satuam Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK). Kemudian saat masuk terminal kedatangan, penumpang disambut tarian khas Kulon Progo yaitu “Tari Angguk Sigrak” yang dipersembahkan oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi berharap, dengan dibukanya penerbangan Citilink Indonesia dari dan menuju YIA ini bisa menjadi rute alternatif bagi masyarakat yang ingin bepergian ke Yogyakarta.

Penerbangan rute HLP-YIA ini menggantikan salah satu jadwal penerbangan Citilink Indonesia rute Bandara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP) menuju Bandara Internasional Adisutjipto (JOG). Penerbangan rute HLP-YIA beroperasi setiap hari menggunakan pesawat Airbus A320 dengan kapasitas angkut sebanyak 180 penumpang.

Penerbangan ini dijadwalkan berangkat setiap hari dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP) pukul 11.30 WIB dan tiba di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) pukul 12.40 WIB dengan Nomor Penerbangan QG 132.

Sementara itu, penerbangan sebaliknya akan berangkat dari YIA pukul 13.10 WIB dan tiba di HLP pukul 14.15 WIB dengan nomor penerbangan QG 133.

"Angkasa Pura I berharap dengan dibukanya Bandara Internasional Yogyakarta ini dapat meningkatkan konektivitas ke Yogyakarta dan Jawa Tengah, yang pada akhirnya dapat mengembangkan perekonomian Jawa bagian selatan dan sekitarnya," katanya dalam keterangan yang diterima.

Pada sisi darat, YIA akan memiliki luas terminal 210.000 m2 dengan kapasitas penumpang sebanyak 14 juta penumpang per tahun. Adadpun di sisi udara, YIA memiliki runway atau landas pacu sepanjang 3.250 x 45 meter dengan 23 parking stand seluas 159.140 m2. NYIA juga akan dilengkapi fasilitas sebanyak 10 unit garbarata.

Sumber : Bisnis.com