Konsumsi BBM Diperkirakan Naik 8%, 107 SPBU DIY Siap Jaga Pasokan

Konsumsi BBM Diperkirakan Naik 8%, 107 SPBU DIY Siap Jaga PasokanIlustrasi. - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
18 Mei 2019 12:07 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) DIY siap mendukung kelancaran pasokan bahan bakar selama Ramadan dan Lebaran. Sebanyak 107 SPBU yang ada di DIY pun siap menjaga pasokan sehingga kebutuhan bahan bakar masyarakat dapat terpenuhi.

Ketua Hiswana Migas DIY Siswanto memastikan kebutuhan BBM selama Ramadan dan Lebaran akan terpenuhi. Menurutnya, Pertamina memiliki kepentingan agar masyarakat tidak kekurangan bahan bakar untuk beraktivitas. "Untuk DIY, khususnya di jalan-jalan protokol memang harus selalu terisi. Nanti juga ada satgas yang selalu memantau kondisi BBM di DIY," kata dia, Jumat (17/5/2019).

Ia mengatakan, ada 107 SPBU yang beroperasi di DIY. Sebanyak 50% khususnya yang berada di jalan protokol siap untuk beroperasi selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Biasanya kesiapsiagaan itu dilakukan pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

Sementara, Unit Manager Comm & CSR Pertamina MOR IV Andar Titi Lestari memprediksi penyaluran selama Ramadan dan Idulfitri untuk produk BBM jenis gasoline di DIY akan mengalami kenaikan. Adapun rata-rata peningkatannya mencapai 8%. Biasanya penyaluran mencapai 1.807 Kiloliter (KL) per hari, maka pada Ramadan dan Idulfitri kali ini meningkat menjadi 1.950 KL setiap harinya.

"Secara rinci, untuk produk pertamax diprediksi akan naik sebanyak 20 persen, premium 10 persen, dan pertalite sebesar lima persen dari hari biasanya," jelas dia beberapa waktu lalu.

Sementara, untuk produk gasoil (biosolar dan dex series) diprediksi akan mengalami penurunan sebanyak 12% dari rata-rata harian normal yaitu dari 407 KL menjadi 356 KL. Salah satu produk gasoil yang akan mengalami penurunan tersebut adalah biosolar yang turun sebanyak 14% setiap harinya.

Penurunan penyaluran produk bahan bakar gasoil dikarenakan berkurangnya aktivitas industri selama Ramadan dan Idulfitri 1440 H. "Meskipun diprediksi akan terjadi penurunan, tetapi Pertamina MOR IV tetap menyiapkan stok bahan bakar gasoil di terminal-terminal BBM yang ada di wilayah operasi Pertamina MOR IV," jelas dia.

Pasokan BBM ke masyarakat di Jawa Tengah dan DIY dipasok melalui tujuh Terminal BBM yaitu TBBM Semarang Group, TBBM Boyolali, TBBM Lomanis, TBBM Maos, TBBM Tegal, TBBM Cilacap dan TBBM Rewulu.