YPA-MDR Resmikan Gedung Baru SMKN 2 Donorojo

YPA-MDR Resmikan Gedung Baru SMKN 2 Donorojo Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo (kanan) secara simbolis memotong bunga untuk meresmikan gedung baru SMKN 2 Donorojo, Pacitan, Jawa Timur, Minggu (7/7)./ Ist. - PT Astra International Tbk
09 Juli 2019 06:22 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra–Michael D. Ruslim (YPA-MDR), meresmikan gedung baru SMKN 2 Donorojo, Pacitan, Jawa Timur serta meluncurkan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Plus sekolah, sebagai komitmen meningkatkan pendidikan, Minggu (7/7).

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan khusus di Pacitan sejak 2012 Astra merintis dan membina sejumlah SD, SMP dan SMK saat ini. “Bantuan pendidikan berjenjang pada tingkat SD, SMP dan SMK merupakan penerapan konsep sekolah eskalator yang diberikan oleh YPA MDR kepada sekolah-sekolah binaan di Kabupaten Pacitan telah menorehkan berbagai prestasi yang membanggakan di tingkat Nasional Guru jenjang SD, SMP, SMK,” ujar Herawati, melalui siaran pers, Senin (8/7).

Kegiatan di SMKN 2 Donorojo ini dihadiri Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa; Bupati Pacitan, Indartato dan Direksi PT Astra International Tbk, Paulus Bambang Wijanarko.  Peresmian sekolah ini juga menjadi vokasi khusus dalam bidang Agibisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), dengan harapan menjadi tempat pusat produksi pengolahan hasil pertanian, khususnya VCO dan produk turunannya.

Jurusan tersebut dipilih karena sesuai dengan potensi unggulan Donorojo yaitu pertanian. “Siswa siswi SMKN 2 Donorojo Jurusan APHP akan dipersiapkan untuk mengikuti Program Teaching Factory (TeFa) yang merupakan program pengembangan kemampuan kewirausahaan siswa untuk mandiri dan mempersiapkan diri memiliki usaha (UKM) yang bertujuan turut berperan dalam pembangunan ekonomi daerah binaan,” kata Herawati.

Guna menunjang progam Desa Sejahtera Astra, YPA-MDR secara konsisten menerapkan pola pembinaan mencakup empat pilar  yaitu akademik, karakter, seni budaya dan kecakapan hidup yang dikemas dengan pola sinergitas. Melalui pola-pola tersebut, YPA-MDR menginisiasi Paguyuban Komite Yayasan Pendidikan Astra–Michael D. Ruslim, sekolah binaan yang dilibatkan aktif dengan mulainya usaha pemberdayaan komite sekolah bersama masyarakat menciptakan ekonomi kerakyatan di daerah Donorojo.

Salah satu usaha yang dirintis adalah produk virgin coconut oil (VCO) dan produk-produk turunannya yang diharapkan dapat menjadi penopang utama dalam mengembangkan industri pariwisata daerah Pacitan. Hal ini didasarkan atas potensi unggulan daerah berupa buah kelapa yang dimiliki oleh masyarakat Donorojo. Ke depan, demi meningkatkan mutu manajemen di sekolah-sekolah binaan khususnya SMKN 2 Donorojo, perlu menerapkan ISO 9001 : 2015 yang merupakan standar internasional sistem manajemen, agar secara efektif dan efisien dapat menjaga dan meningkatkan mutu sekolah.

Serta tidak menutup kemungkinan untuk menjadikan sekolah yang berbasis information communication technology (ICT) agar sekolah berwawasan global pada 2020 dapat tercapai. Pembinaan seni budaya pada sekolah binaan YPA-MDR di Kabupaten Pacitan sebagai bagian dari pola pembinaan empat pilar telah menghasilkan karya seni berupa pagelaran wisata seni budaya Festival Klayar yang rutin diadakan setiap tahun. Selain itu, pembinaan seni budaya akan dilanjutkan dengan pembentukan sanggar seni budaya di Donorojo.