IGS Dongkrak Kunjungan ke Mal

IGS Dongkrak Kunjungan ke MalKetua APPBI DIY Surya Ananta/ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah
23 Agustus 2019 10:22 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Guna mendongkrak transaksi dan kunjungan di mal, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menggelar Indonesia Great Sale (IGS). Acara ini dilakukan secara nasional termasuk DIY. IGS berlangsung pada periode 14-25 Agustus 2019.

Ketua APPBI DIY Surya Ananta mengungkapkan IGS digelar untuk mengantisipasi penurunan kunjungan dan transaksi di masa low season seusai masa libur Lebaran dan sekolah. "Program ini dimeriahkan seluruh mal yang tergabung dalam APPBI. Target IGS ini untuk menaikkan omzet di low season dan meramaikan ulang tahun Kemerdekaan RI. IGS ini pertama kali digelar," kata dia, Kamis (22/8).

Ia menjelaskan masa low season terjadi secara variatif. Low season selalu terjadi seusai libur Lebaran. Terkadang masa libur Lebaran langsung disambut masa libur lain seperti sekolah sehingga kunjungan ke mal tetap tinggi. Namun, ada pula masa libur Lebaran yang berbarengan dengan libur lain sehingga ketika libur selesai, kunjungan ke mal akan terlihat turun. "Penurunan biasanya 20 persen hingga 30 persen. Diharapkan dengan IGS ini kunjungan dan omzet bisa terdongkrak," kata dia.

 

Mulai Berdampak

Wahyu Hidayati MHS, Public Relations Plaza Ambarrukmo mengungkapkan Plaza Ambarrukmo turut memeriahkan IGS. Lebih dari 50% gerai di Plaza Ambarrukmo mengikuti program ini. "Kunjungan ke mal tampak ada kenaikan kunjungan. Kira-kira naik sekitar 15 persen. Untuk weekday kunjungan ke Plaza Ambarrukmo sekitae 30.000 dan weekend 40.000 hingga 50.000 orang," kata dia.

Ia mengungkapkan gerai dari produk fashion & lifestyle, home & interior, beauty & Skin Care, dan juga restoran turut meramaikan IGS ini. Untuk tenant fashion dan lifestyle beberapa merek yang turut serta diantaranya Pull & Bear, Stradivarius, Minimal, Pepe Jeans, Charles & Keith, Timberland, Wakai, Pierre Cardin, The Executive, Skechers, Dope & Dapper, Vans, Staccato, Adidas, Watch Club, Samsonite,  Everbest, dan lainnya.

Sementara untuk produk beauty & skin care brand seperti L'Occitane, The Face Shop, The Body Shop, innisfree, dan C&F Perfumery. Promo Indonesia Great Sale diikuti pula oleh puluhan tenant resto antara lain Ta wan resto, Quali, Shaburi, Seorae, Xo Suki, The Duck King, Pepper Lunch, Solaria, Raa Cha, Fish & Co, Pempek Kamto, dan lain sebagainya.

IGS juga diikuti Malioboro Mall. Marketing & Promotion Staff Malioboro Mall Eunike Set Satyarini mengatakan Malioboro Mall menawarkan diskon hingga 74%. Selain itu, ada tenant yg nemiliki program khusus untuk 17 Agustus seperti pemberian diskon dan harga spesial. "Kami ikut IGS dengan harapan program ini bisa menambah minat warga untuk berbelanja di Malioboro Mall dan ini berimbas positif bagi omzet tenant. Kami melihat IGS ini mulai berdampak terhadap kunjungan ke mal yang terpantau mengalami kenaikan," terang dia.